Monday, July 22, 2024
HomeTNISemangat Hijaukan Lahan, Babinsa dan Stakeholder Supiturang Bersama Mahasiswa KKN Tanam Pohon...

Semangat Hijaukan Lahan, Babinsa dan Stakeholder Supiturang Bersama Mahasiswa KKN Tanam Pohon untuk Lahan Erupsi Semeru

Media Indo Pos,Lumajang – Dalam upaya menghijaukan kembali lahan-lahan yang terdampak erupsi Gunung Semeru beberapa tahun lalu, Babinsa Koramil 14 Pronojiwo Serda Sigit Andi Irawan bersama para stakeholder Supiturang dan puluhan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya melaksanakan kegiatan reboisasi di lokasi terdampak erupsi aliran Gunung Semeru Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (10/7/2024).

Kegiatan tersebut melibatkan 23 mahasiswa KKN UINSA yang dipimpin oleh Ketua Rombongan, Habib Januar Azahrie. Para peserta menanam berbagai jenis pohon di lahan-lahan kritis bekas terdampak erupsi Gunung Semeru, terutama di daerah aliran sungai Gunung Semeru.

Pada kesempatan itu, Serda Sigit Andi Irawan menjelaskan bahwa tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah menghijaukan kembali lahan-lahan yang tempat terdampak erupsi aliran Gunung Semeru, di samping itu sebagai edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah menghijaukan kembali lahan-lahan yang sempat terdampak erupsi Gunung Semeru beberapa tahun yang lalu, selain itu kegiatan itu merupakan sebagai langkah awal sekaligus contoh kepada masyarakat untuk turut menjaga kelestarian alam,” kata Serda Sigit Andi Irawan.

Ia juga mengatakan, bahwa kegiatan reboisasi yang tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan memberikan manfaat jangka panjang bagi ekosistem di sekitar Gunung Semeru.

Sementara itu, Ketua Rombongan KKN Mahasiswa UINSA Habib Januar Azahrie menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, berharap kegiatan tersebut dapat menjadi pengalaman berharga dalam berkontribusi langsung pada upaya pelestarian lingkungan di Desa Supiturang.

“Dalam kegiatan reboisasi ini, kami sangat berterima kasih kepada semua pihak dalam mendukung kegiatan KKN di Desa Supiturang. Semoga ini upaya pelestarian lingkungan serta membantu masyarakat dalam memperbaiki kondisi alam yang rusak akibat bencana alam, sehingga dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat luas untuk terus menjaga dan merawat lingkungan demi masa depan yang lebih baik,” pungkasnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments