Friday, July 26, 2024
HomeBisnisFinanceDirektur Utama BAKTI: 1.900 Lokasi BTS 4G di Wilayah 3T Sudah Aktif

Direktur Utama BAKTI: 1.900 Lokasi BTS 4G di Wilayah 3T Sudah Aktif

Media Indo Pos,Jakarta – Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Anang Latif menyatakan progras pembangunan BTS 4G di wilayah 3T fase pertama telah mencapai 86 persen.

“Di mana 1.900an lokasi telah on air dari target 4.200 lokasi pada tahun 2022,” kata Anang dalam keterangan persnya, Minggu (17/4).

Pembangunan fase 1 tersebut, lanjut Anang, terus dikebut dan ditargetkan selesai 100 persen pada tahun 2022. Untuk pembangunan BTS 4G tahap kedua di 3.704 lokasi, akan dilakukan bertahap sesuai dengan ketersediaan fiskal.

“Tahun 2022, anggaran yang ada akan dialokasikan untuk pembangunan BTS 4G di 2.300 lokasi,” jelas dia.

APBN yang dialokasikan untuk pembangunan 4.200 BTS 4G sebesar Rp11 Triliun. Salah satu komponen terbesar adalah untuk biaya logistik pengiriman material. Sebab, banyak lokasi pembangunan yang belum terdapat infrastruktur fisik dasar, seperti jalan, sehingga harus ditempuh dengan menggunakan helikopter.

“Saat ini, masyarakat di beberapa wilayah 3T sudah mulai memanfaatkan jaringan BTS yang telah dibangun oleh BAKTI. Pembayaran kepada para vendor tidak mengalami kendala karena anggaran telah tersedia dan termin pembayaran progress telah diatur di dalam kontrak,” ungkapnya.

Sebelumnya, Uchok Sky Kadafi, Direktur Eksekutif Center for Budget Analysis (CBA) mengatakan target pembangunan BTS (Base Transceiver Station) yang dilakukan BAKTI di 4.200 desa 3T, yang direncanakan selesai Maret 2022 tidak tercapai.

“Kemenkeu harus berani menegur BAKTI. Bahkan, KPK juga bisa dilibatkan untuk ikut mengawasi proyek pembangunan BTS 4G di desa 3T. BPK juga harus mengawasi perkembangan laporan Kominfo yang bermasalah tahun lalu,” pungkasnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments