Friday, April 12, 2024
HomeBerita NasionalSyarat dan Cara Mudik Gratis dari Pemprov

Syarat dan Cara Mudik Gratis dari Pemprov

Media Indo Pos,Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengumumkan bakal mengadakan mudik gratis tahun ini. Selain KTP Jakarta, apa syaratnya?

Mudik Gratis DKI Jakarta Tahun 2022 dengan tema Mudik Aman Mudik Sehat menuju 17 kota dan kabupaten di lima provinsi. Bukan hanya ke Jawa, tetapi juga Sumatera. Yakni, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakara, serta Jawa Timur.

Adapun kuotanya adalah sebanyak 19.680 peserta dengan pendaftaran maksimal empat orang per Kartu Keluarga (KK) dan diperuntukkan bagi warga yang memiliki KTP DKI Jakarta.

Sementara itu, calon pemudik yang ingin mengikuti program ini diutamakan bagi mereka yang sudah menerima vaksin dosis ketiga atau booster, membawa sepeda motor dan yang akan melakukan arus mudik serta arus balik ke DKI Jakarta.

Para calon pemudik diimbau untuk mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M, menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker.

Traveler yang mau mendaftar bisa mengunjungi website www.mudikgratisdkijakarta.id atau melalui whatsapp chat ke nomor 081231885758.

Setelah mengisi pendaftaran maka petugas akan menghubungi traveler untuk jadwal verifikasi online. Jadi, pastikan nomor yang tertera aktif untuk dihubungi.

Calon pemudik nantinya harus datang ke lokasi verifikasi offline sesuai dengan tempat dan waktu yang tertera pada tiket kode booking (QR Code) untuk mendapat e-ticket keberangkatan.

Mudik gratis Pemprov DKI Jakarta memfasilitasi dua macam kendaraan bagi pemudik. Yakni, bus dan truk. Truk untuk mengangkut sepeda motor.

Berikut lokasi verifikasi offline mudik gratis Pemprov DKI Jakarta:
1. Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta
2. Suku Dinas Perhubungan Kota Jakarta Barat
3. Suku Dinas Perhubungan Kota Jakarta Pusat
4. Suku Dinas Perhubungan Kota Jakarta Timur
5. Suku Dinas Perhubungan Kota Jakarta Selatan
6. Suku Dinas Perhubungan Kota Jakarta Utara

Jadwal arus mudik gratis Pemprov DKI Jakarta dan balik adalah sebagai berikut:
Jadwal Arus Mudik

1. Truk: Selasa, 26 April 2022 di Terminal Pulogadung
2. Bus: Rabu, 27 April 2022 di Terminal Terpadu, Pulo Gebang

Jadwal Arus Balik

1. Truk: Sabtu, 7 Mei 2022 dari lokasi masing-masing dengan tujuan Terminal Pulogadung.
2. Bus: Minggu 8 Mei 2022 dari lokasi masing-masing dengan tujuan Terminal Terpadu Pulo Gebang.

Berikut Daftar 17 Kota & Kabupaten Tujuan Mudik Gratis DKI Jakarta 2022:

1. Palembang
2. Lampung
3. Tegal
4. Pekalongan
5. Semarang
6. Kebumen
7. Cilacap
8. Purwokerto
9. Solo
10. Wonosobo
11. Yogyakarta
12. Sragen
13. Wonogiri
14. Madiun
15. Kediri
16. Jombang
17. Malang.

Vaksinasi booster menjadi syarat untuk melakukan mudik lebaran tahun 2022. Disarankan untuk melakukan vaksinasi booster jauh-jauh hari sebelum mudik.

“Antibodi mulai terbentuk pada 1 sampai 2 minggu pasca vaksinasi booster,” beber juru bicara Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan resmi, seperti dikutip media ini, Senin (18/4/2022).

Meski Kemenkes sudah mempersiapkan pos layanan vaksinasi booster di jalur mudik, masyarakat diminta untuk tidak menunda vaksinasi booster agar saat mudik sudah tercipta antibodi dalam tubuh.

“Kita mengimbau kepada masyarakat kalau kita mau mudik nyaman dan aman hendaknya segera vaksin booster, jangan dipaksain vaksinasi booster pada saat mudik sehingga menghindari penumpukan keramaian di tempat vaksin,” tambah Nadia.

Sementara itu untuk mengatasi efek samping yang muncul saat melakukan booster di jalur mudik, Nadia mengatakan sudah mempersiapkan prosedur penanganan KIPI yang sesuai.

“Jadi akan ada ambulans yang standby yang nanti akan membawa kalau memang ada kasus KIPI yang tentunya sesuai kriteria butuh perawatan di rumah sakit. Tapi kalau KIPI nya ringan cukup dengan minum pereda nyeri seperti paracetamol,” pungkasnya mengakhiri perbincangan bersama awak media.(Red)

(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments