Friday, July 26, 2024
HomeBerita NasionalKuota Bus Habis, Masyarakat Masih Bisa Mudik Gratis Pakai Kapal Laut

Kuota Bus Habis, Masyarakat Masih Bisa Mudik Gratis Pakai Kapal Laut

Media Indo Pos,Jakarta – Kementerian Perhubungan kembali menyelenggarakan program mudik gratis dengan berbagai moda transportasi seperti bus pada Lebaran 2022. Sayangnya, kuota pendaftaran program mudik gratis melalui bus dan truk tersebut kini sudah tak tersisa.

Meski begitu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi mengatakan, masyarakat masih bisa memburu tiket mudik gratis dengan moda transportasi lain seperti kapal laut.

“Terakhir kemarin sudah penuh semuanya. Jadi kuota sudah habis. Tinggal sekarang hari ini yang masih terbuka untuk mudik gratis dengan menggunakan kapal laut,” ujar Budi dalam sesi teleconference, Kamis (21/4).

Budi menyampaikan, kuota program mudik bus ini sudah dicomot oleh total 21.000 pendaftar yang hendak pulang kampung ke kota-kota tujuan di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sementara total motor yang diangkut dari Jakarta melalui 70 truk ada sekitar 2.200 unit.

Sebelumnya, Kemenhub bersama PT KAI (Persero) juga telah membuka program pengangkutan motor secara gratis menggunakan kereta api untuk mudik pada Rabu, 20 April 2022 lalu. Ini merupakan program susulan, setelah Kemenhub sebelumnya juga telah menyiapkan program pengangkutan 5.000 sepeda motor pemudik menggunakan kereta api tanpa dikenakan biaya.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan pengangkutan sepeda motor pemudik secara gratis tersebut karena banyak masyarakat yang berencana untuk melakukan perjalanan mudik dengan sepeda motor.

“Ada arahan dari Pak Menko [PMK Muhadjir Effendy] dalam rangka membantu Dirjen Perhubungan Darat untuk mengatasi pemudik dengan sepeda motor. Kita sekarang sedang menyiapkan kembali angkutan untuk motor mudik gratis dengan kereta api,” jelas Zulfikri beberapa waktu lalu.

Namun, dia belum memberikan informasi soal jumlah kereta api yang disediakan untuk angkutan tersebut. Adapun kapasitas angkut yang disediakan untuk tahun ini yaitu sebanyak 5.000 unit sepeda motor, turun dari level pra pandemi yang mencapai 19.000 unit.

Rute pengangkutan sepeda motor gratis dengan kereta api akan fokus ke arah Jawa Tengah. Biasanya, angkutan untuk sepeda motor melayani tujuan dari Jakarta ke Purwokerto sampai dengan Yogyakarta-Solo, bahkan sampai ke Blitar, Jawa Timur.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments