Saturday, July 27, 2024
HomeBerita NasionalMa'ruf Amin Wanti-Wanti Disinformasi Hingga Politik Uang di Pemilu

Ma’ruf Amin Wanti-Wanti Disinformasi Hingga Politik Uang di Pemilu

Media Indo Pos,Jakarta – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengingatkan agar pengawasan di Pemilu 2024 lebih diperketat. Ma’ruf meminta para pengawas untuk lebih jeli menindak dugaan kecurangan Pemilu.

“Jadi pengawas Pemilu tuh harus jeli, harus tegas, dan harus betul-betul berani melakukan penindakan-penindakan terhadap pelanggaran. Kalau itu tidak, itu akan bisa menimbulkan ketidakpercayaan terhadap pelaksanaan Pemilu itu. Tentu, itu akan ada ketidakpuasan-ketidakpuasan,” kata Ma’ruf usai menghadiri Habibie Democracy Forum, Jakarta Pusat, Rabu (15/11/2023).

Ma’ruf menuturkan, banyak isu yang mencuat ke publik menjelang pelaksanaan Pemilu. Dia menyoroti isu disinformasi hingga politik uang. “Ya, saya minta pengawasannya lebih ketat lagi untuk sekarang ini karena biasanya memang menjelang Pemilu itu terjadi juga isu-isu seperti itu,” imbuhnya.

“Disinformasi juga termasuk, dan kemudian juga politik uang, nah ini pengawasannya dan di sini memang dituntut ya itu peran pengawas,” sambungnya.

Ma’ruf mengatakan penindakan terhadap setiap dugaan pelanggaran akan berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat dalam Pemilu. Ma’ruf mengajak semua pihak untuk menjaga Pemilu agar berjalan lancar.

“Saya kira itu, itu yang harus dijaga,” ujar Ma’ruf.

Sebelumnya, KPU menjawab indikasi kecurangan Pemilu 2024 yang disebut-sebut mulai mencuat ke publik. KPU menjelaskan bahwa kecurangan dan pelanggaran pemilu akan ditangani oleh lembaga pengawas dan pengadil lainnya.

“Soal sekiranya ada indikasi pelanggaran, saya kira secara mekanisme dan kelembagaan sudah di atur di UU Pemilu,” kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari di gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/11).

Hasyim menjelaskan, dugaan kecurangan dan pelanggaran pemilu akan ditangani oleh Bawaslu dan lembaga pengawas dan pengadil lainnya.

“Disiapkan lembaga Bawaslu apabila kemudian ada pihak-pihak yang menengarai ada indikasi dugaan pelanggaran pemilu. Laporannya dan segala macam, mekanismenya diatur dan yang menangani adalah teman-teman di Bawaslu,” ujar Hasyim.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments