Thursday, May 23, 2024
HomeBerita Jatim4 Awak Pesawat Super Tucano TNI AU yang Gugur Dapat Kenaikan Pangkat...

4 Awak Pesawat Super Tucano TNI AU yang Gugur Dapat Kenaikan Pangkat Anumerta

Media Indo Pos,Surabaya – Empat perwira TNI AU, awak Pesawat Super Tucano yang jatuh di wilayah Pasuruan, Jawa Timur, mendapat kenaikan pangkat anumerta. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama Agung Sasongkojati usai upacara pelepasan, di Lanud Abdul Abdulrachman Saleh, Malang, Jumat (17/11).

“Untuk Kolonel Subhan menjadi Marsma TNI Subhan, untuk Kolonel Widiono menjadi Marsma TNI Widiono, untuk Letnan Kolonel Sandhra menjadi Kolonel Sandhra dan untuk Mayor Seta menjadi Letnan Kolonel Seta,” kata Agung.

Kenaikan pangkat ini, kata dia, adalah bentuk, penghargaan dari negara kepada para mendiang atas jasa-jasa yang telah mereka berikan semasa hidup. “Jadi nanti mereka akan dimakamkan dengan pangkat yang baru,” ucapnya.

Agung melanjutkan, tiga jenazah perwira yakni Marsma TNI Subhan, Marsma TNI Widiono dan Kolonel Sandhra Gunawan dimakamkan TMP Untung Suropati, Malang. Sedangkan Letnan Kolonel Seta, akan dimakamkan di Madiun.

“Kita bisa lihat ada Hercules disiapkan untuk mengangkut Letnan Kolonel Seta ke Madiun karena permintaan keluarga. Sedangkan tiga lainnya tetap dimakamkan di Malang sesuai permintaan keluarga juga,” pungkasnya.

Sebelumnya, Dua pesawat EMB 314 Super Tucano dari Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, jatuh di wilayah Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (16/11). Pesawat itu masing-masing diisi dua personel.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama Agung Sasongkojati menyebut pesawat dengan tail number TT-3103 dan TT-3111 itu awalnya take off dari Lanud Abdulrachman Saleh pada pukul 10.51 WIB.

Pesawat melaksanakan misi Proficiency Formation Flight dengan rute penerbangan Lanud Abd Saleh-Area Latihan-Lanud Abd Saleh. Akan tetapi, dua pesawat dinyatakan hilang kontak beberapa menit kemudian.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments