Friday, July 26, 2024
HomeTNIUpaya Mitigasi, Babinsa Koramil 0801/04 Tegalombo Hadiri Sosialisasi Tanggap Bencana

Upaya Mitigasi, Babinsa Koramil 0801/04 Tegalombo Hadiri Sosialisasi Tanggap Bencana

Media Indo Pos,Pacitan – Babinsa Koramil 0801/04 Tegalombo Kodim 0801/Pacitan Serda Haris mengikuti kegiatan sosialisasi, komunikasi, informasi dan edukasi rawan bencana, yang berlangsung di Balai Desa Kebondalem, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Sabtu (25/11/2023).

Dalam kegiatan tersebut, selain diikuti oleh para relawan dan masyarakat juga menghadirkan narasumber Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan dari BPBD Kabupaten Pacitan Sugeng Haryono, S.Sos.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat agar memahami terhadap peran dan tugasnya dalam upaya pencegahan serta pengurangan risiko bencana, di samping juga memberikan informasi serta pengetahuan tentang bagaimana cara mengatasi maupun mengantisipasi bencana yang mungkin terjadi.

Dalam paparannya, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan dan pengurangan risiko bencana.

“Sosialisasi kebencanaan harus dimulai dari unsur kelompok masyarakat terkecil di wilayah yang rawan bencana. Oleh karena itu, proses sosialisasi kita berikan kepada masyarakat yang belum tahu tentang penanganan bencana,” katanya saat memberikan sambutan.

Dengan demikian, semua pihak harus bekerja sama dan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa penanggulangan bencana dilakukan dengan baik dan efektif, sehingga dampak yang ditimbulkan dapat diminimalisir.

“Keterlibatan semua pihak dalam penanggulangan bencana juga merupakan wujud tanggung jawab sosial yang harus diterima oleh masing-masing individu, untuk menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat,” tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Serda Haris, bahwa kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pencegahan dan mitigasi bencana, sehingga dirinya memahami dan mengetahui bagaimana cara mengatasi apabila terjadi bencana.

“Dengan memulai sosialisasi dari kelompok masyarakat terkecil, diharapkan dapat terjadi perubahan persepsi dan sikap masyarakat terhadap bencana, sehingga dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan tanggap dalam menghadapi bencana,” imbuhnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments