Saturday, March 2, 2024
HomeBerita NasionalDak Rumah Nyaris Ambrol, Warga di Jakarta Timur Panggil Damkar Minta Bantu...

Dak Rumah Nyaris Ambrol, Warga di Jakarta Timur Panggil Damkar Minta Bantu Bongkar

Media Indo Pos,Jakarta – Warga di Duren Sawit, Jakarta Timur (Jaktim) waswas karena dak rumah nyaris ambrol. Warga meminta bantuan pemadam kebakaran (damkar).

“Warga setempat khawatir jika bangunan tersebut rubuh dan menimpa warga,” demikian keterangan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta lewat akun Instagram @humasjakfire, Jumat (19/1/2024).

Dalam video yang diunggah, tampak dak di atap rumah tersebut sudah merekah dan miring. Dak rumah itu juga sudah retak dengan derajat kemiringan cukup jauh sehingga riskan untuk tiba-tiba ambrol dan jatuh dari ketinggian.

Lokasi rumah dengan tembok pembatas rumah yang hampir rubuh itu bertempat di Jalan Nusa Indah, Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Evakuasi dilakukan sebanyak 7 personel pada Kamis (18/1) kemarin siang.

Dak dan tembok pembatas yang miring itu memiliki panjang sekitar lima meter dengan berada di ketinggian sekitar enam meter. Petugas damkar pun merobohkan tembok membahayakan itu secara aman.

“Kondisi bangunan sudah tidak stabil sehingga petugas penyelamat berupaya merubuhkan sisa bangunan menggunakan peralatan dan keterampilannya untuk menyelesaikan laporan,” katanya.

Petugas lainnya dan warga setempat melakukan pengamanan di lokasi agar tidak ada warga yang melintas saat petugas penyelamat Damkar Sektor Duren Sawit melakukan penanganan. Kondisi dak dan tembok tersebut sudah benar-benar lapuk. Ketika tembok yang retak dirobohkan, sebagian dak di atap rumah tersebut ikut roboh.

Petugas damkar yang merobohkan tembok sempat hampir terjatuh. Namun, petugas damkar sudah mengikatkan diri dengan tali sebagai standar dan prosedur keamanan dalam penanganan tembok retak tersebut. Evakuasi berlangsung dengan hati-hati dari pukul 11.15 WIB. Pada pukul 12.20 WIB, penanganan dinyatakan selesai.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments