Monday, March 4, 2024
HomeBerita NasionalKapolda Papua Kirim Personel Tambahan ke Intan Jaya

Kapolda Papua Kirim Personel Tambahan ke Intan Jaya

Media Indo Pos,Jakarta – Polda Papua bakal mengirimkan sejumlah personel tambahan ke Polres Intan Jaya buntut aksi penyerangan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dalam beberapa waktu terakhir.

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri mengatakan penambahan personel dilakukan untuk memperkuat pengamanan bagi masyarakat setempat. Kendati demikian, ia tidak merinci berapa jumlah personel yang akan dikirim ke Polres Intan Jaya.

“Akan kita perkuat dari pihak keamanan termasuk dalam waktu dekat dari Tim Satgas Damai Cartenz 2024,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (24/1).

Fakhiri berharap dengan tambahan personel, proses penyelidikan yang saat ini tengah dilakukan oleh Satgas Damai Cartenz juga dapat berjalan lancar. Ia juga mengaku telah memerintahkan Kapolres Intan Jaya AKBP Afrizal Asri untuk memeriksa seluruh saksi terkait kasus penyerangan KKB yang menewaskan anggota Satgas Damai Cartenz.

“Saya minta untuk membantu Polres dahulu supaya proses penyelidikan dan penyidikan berjalan sebagaimana kita diharapkan. Supaya fakta-fakta hukum yang nanti kita sampaikan kepada publik tidak simpang siur, berita yang tidak berdasar sesuai fakta-fakta dari penyelidikan kepolisian,” jelasnya.

Lebih lanjut, Mathius berharap situasi di Intan Jaya dapat segera berangsur kondusif. Pasalnya ia menyebut dalam beberapa hari ke depan akan mulai dilakukan proses pendistribusian logistik Pemilu.

Beberapa hari terakhir situasi di Intan Jaya memang tak kondusif. Pada Jumat (19/1), satu anggota Satgas Damai Cartenz meninggal dunia usai ditembak oleh KKB di Intan Jaya, Papua. Aksi penembakan diduga dilakukan oleh KKB pimpinan Apen Kobogau yang merupakan Wakil Pangkodap VIII.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno mengatakan penembakan dilakukan dari arah belakang pos pengamanan Tower BTS Telkomsel, Bilogai, Sugapa, Intan Jaya, Papua. Bayu menyebut kontak tembak juga sempat terjadi selama kurang lebih 30 menit.

Dalam peristiwa itu, ia mengatakan anggota Damai Cartenz Bripda Alfandi Steve Karamoy terkena tembakan di bagian rahang kiri.

Sebelumnya juga ada sekitar lima anggota KKB yang tewas tertembak di Intan Jaya. Sebanyak empat anggota KKB tewas pada Minggu (21/1) dan seorang lagi dilaporkan tewas pada Selasa (23/1).

Selain itu, kelompok yang sama juga diduga membakar rumah dinas anggota DPRD Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah, Sabtu (20/1).

Komandan Satgas Yonif 330/Tri Dharma Mayor Infanteri Dedy Pungky Irawanto mengatakan pembakaran dilakukan di Kampung Mamba, Distrik Sugapa Intan Jaya, Sabtu siang. Selain membakar, KKB juga meneror masyarakat setempat.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments