Friday, July 26, 2024
HomeBerita NasionalBawaslu Soal Salam 2 Jari di Mobil: Bu Iriana Pejabat Negara Bukan?

Bawaslu Soal Salam 2 Jari di Mobil: Bu Iriana Pejabat Negara Bukan?

Media Indo Pos,Jakarta – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyebut salam dua jari yang keluar dari mobil presiden Joko Widodo (Jokowi) harus dipastikan terlebih dahulu milik siapa.

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengatakan hingga saat ini tidak ada pernyataan atau pengakuan resmi ihwal tangan siapa yang meluncur keluar dari mobil RI 1 dan mengacungkan salam dua jari itu.

“Pertanyaannya, kalau Bu Iriana bagaimana? Pejabat negara atau tidak Bu Iriana?” Bagja di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (26/1).

Menurut Bagja, peristiwa salam dua jari itu meluncur keluar dari mobil kepresidenan yang merupakan fasilitas negara bukan pokok utama dugaan pelanggaran pemilu. Bagja mengatakan pokok utamanya adalah siapa yang mengacungkan dua jari tersebut.

“Bukan [soal mobil]. Bu Iriana itu pejabat negara atau tidak. Kan itu,” kata dia.

Bagja menjelaskan untuk mencari tahu apakah peristiwa itu memenuhi unsur dugaan pelanggaran hukum atau tidak, maka harus berangkat dari subjek hukum yang melakukan perbuatan.

“Yang pertama, apakah yang dilakukan tersebut melanggar hukum atau tidak kan [berdasarkan] personnya. Yang menggunakan fasilitas negara siapa? Personnya juga kan itu. Nah, yang dilarang itu kan personnya. Presidennya,” ujar dia.

Sebelumnya, viral video diduga Iriana mengacungkan dua jari saat berkunjung ke Salatiga, Jawa Tengah. Iriana tampak mengeluarkan tangan kiri lalu menunjukkan dua jari ke masyarakat di sekitar.

Di pinggir jalan, tampak sejumlah warga yang membentangkan spanduk Ganjar-Mahfud. Mereka pun meneriaki nama Ganjar saat mobil kepresidenan melintas. Jokowi mengatakan salam dua jari Iriana adalah bentuk kesenangan bertemu rakyat.

“Menyenangkan. Menyenangkan. Ya enggak tahu (mengapa) menyenangkan. Kalau ketemu masyarakat kan menyenangkan,” ungkap Jokowi di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (24/1).(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments