Tuesday, February 27, 2024
HomeBerita NasionalCak Imin Kritik Luhut Soal Tambang, Nusron Wahid: Kemaruk Ingin Jadi Wapres

Cak Imin Kritik Luhut Soal Tambang, Nusron Wahid: Kemaruk Ingin Jadi Wapres

Media Indo Pos,Jakarta – Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan mau membandingkan antara manfaat dan keburukan dari adanya tambang bersama Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Sekretaris TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Nusron Wahid, menilai Cak Imin tak paham persoalan hanya ingin menang Pilpres 2024.

“Itu omongan orang nggak paham persoalan, tapi kemaruk pengin jadi wakil presiden ya kayak gitu. Aslinya Cak Imin nggak paham persoalan asal terima pesanan. Intinya dia pengin ekspor nikel dibuka lagi. Bukan masalah tambangnya,” kata Nusron kepada wartawan, Senin (29/1/2024).

Menurut Nusron, agenda dari visi-misi Anies Baswedan-Cak Imin sebagaimana disampaikan Co-Captain Timnas AMIN Tom Lembong. Jika nikel bisa diekspor lagi berarti menjual bahan mentah kepada industri asing, yang diuntungkan asing, terutama Amerika Serikat dan Uni Eropa.

“Mereka ini bekerja dan akan memakmurkan untuk siapa? Bangsa Indonesia atau bangsa asing? Inginnya dia nggak setuju hilirasasi supaya asing masih bisa beli dan produksi smelternya. Kita ingin hilirasasi dilanjutkan, supaya nilai tambahnya di Indonesia,” ujarnya.

Nusron menilai tambang nikel harusnya dimanfaatkan dari dalam negeri, bukan justru di luar negeri. Pemanfaatan tambang nikel itu diseimbangkan dengan menjaga lingkungan.

“Kalau dianggap tambang nikel merusak lingkungan, terus nikelnya kita biarkan? Tidak dioptimalkan? Bukankah malah tidak termanfaatkan? Kuncinya keseimbangan alam dijaga dan hilirasi dilanjutkan, untuk kesejahteraan bangsa Indonesia. Bukan malah untuk membesarkan industri asing di luar negeri,” ucap politikus Golkar ini.

“Omongan yang lain itu hanya basa basi. Tapi ujungnya hanya satu tolak hilirisasi dan buka ekspor nikel lagi, biar asing bisa menikmati dan hidup lagi. Sorry ye,” imbuhnya.

Cak Imin Mau Adu Data dengan Luhut
Cak Imin sebelumnya menyebut bakal buka-bukaan data bersama Luhut Binsar Pandjaitan terkait kerusakan alam akibat tambang nikel yang sempat disinggung dalam debat cawapres. Cak Imin mengatakan mau membandingkan antara manfaat dan keburukan dari adanya tambang tersebut.

“Berbagai kerusakan terus dilakukan. Bagaimana kita saksikan rusaknya alam raya kita karena kerakusan segelintir orang. Betul? Saya hari-hari ini mau ketemu Pak Luhut. Katanya mau adu data. Mau adu data apakah benar jumlah tambang-tambang kita maslahat dan mudharatnya nggak imbang,” ungkap Cak Imin saat sambutan dalam kampanye di Pura Seni, Yogyakarta, Senin (29/1).

Cak Imin lantas mempertanyakan kecakapan Luhut dalam memahami konsep maslahat dan mudharat. Dia pun menjanjikan jika terpilih akan membuat pembangunan yang mementingkan kebermanfaatan.

“Ngerti maslahat atau mudharat ndak (nggak)? Jangan-jangan opung nggak ngerti. Maslahat itu kemanfaatan, kemaslahatannya. Mudharat itu bahayanya. AMIN bertekad pembangunan yang benar adalah pembangunan yang maslahat, bukan pembangunan yang mudharat,” sebut Cak Imin.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments