Saturday, July 27, 2024
HomeBerita NasionalITB Gandeng Pinjol, Ganjar Pranowo Janji Pinjaman Pendidikan Tanpa Bunga

ITB Gandeng Pinjol, Ganjar Pranowo Janji Pinjaman Pendidikan Tanpa Bunga

Media Indo Pos,Jakarta – Calon Presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo berjanji bakal menerapkan pinjaman pendidikan tanpa bunga alias 0 persen jika terpilih di Pilpres 2024. Hal tersebut disampaikan Ganjar melalui akun media sosial X (Twitter) pribadinya, @ganjarpranowo, Selasa (30/1).

Ganjar menegaskan dirinya bersama Mahfud berkomitmen untuk meningkatkan sektor pendidikan Indonesia. “Ini komitmen Ganjar-Mahfud, bunga pinjaman pendidikan harus 0 persen. Program satu keluarga miskin satu sarjana, SMKN gratis lulus langsung kerja, sekolah gratis bebas pungli, gaji guru naik, dana riset ditambah hingga 1 persen PDB, dan memperluas serta mempermudah beasiswa pendidikan, juga akan kami laksanakan,” kata Ganjar.

Ganjar mengungkapkan kepastian itu untuk merespons komentar warganet dengan akun @obedkresna. “Praktik kredit pendidikan dengan bunga melanggar Pasal 76 UU Dikti 12/2012. Pinjaman pendidikan itu harus tanpa bunga. Pak Ganjar setuju gak boleh ada pinjaman pendidikan berbunga. Harus 0 persen,” tulis @obedkresna.

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Arsjad Rasjid mengatakan program satu keluarga miskin satu sarjana merupakan simbol bahwa pasangan nomor urut 3 ingin seluruh rakyat Indonesia bisa menikmati pendidikan.

“Kita bukan hanya bicara sarjana, tapi kita juga bicara mengenai vokasi, SMK, dan sekolah 12 tahun itu kita bilang harus gratis. Lalu nanti Politekniknya, universitasnya, karena tadi kuncinya kita ingin membuat manusia Indonesia yang unggul supaya menjadi Indonesia yang maju,” ucap Arsjad.

“Jadi pendidikan itu sangatlah penting dan bagian daripada yang menjadi visi misi dan program yang dipush oleh Mas Ganjar dan Prof Mahfud,” imbuhnya.

Sebelumnya, Institut Teknologi Bandung (ITB) mendapat sorotan di media sosial X lantaran menawarkan metode pembayaran kuliah dengan menggunakan platform pinjaman online (pinjol).

Kepala Humas ITB Naomi Haswanto pun membenarkan kampusnya menggunakan lembaga keuangan untuk membantu pembayaran kuliah bagi para mahasiswanya.

“ITB (seperti PTN/PTS lain) bekerja sama dengan lembaga non-bank,” katanya, saat dihubungi, Kamis (25/1).

Sementara itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meminta agar ITB mencari alternatif solusi lain usai hal tersebut viral.

“Saya memberikan arahan ke pimpinan ITB untuk mencarikan solusi yang baik. Jangan sampai mahasiswa terjerat utang di atas kemampuannya. Semoga segera ada solusi,” kata Pelaksana Tugas Direktur Jenderal (Plt Dirjen) Diktiristek, Nizam kepada awak media, Jumat (26/1).(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments