Saturday, July 27, 2024
HomeBerita NasionalJokowi Soal Petisi Bulaksumur Sivitas UGM: Itu Hak Demokrasi

Jokowi Soal Petisi Bulaksumur Sivitas UGM: Itu Hak Demokrasi

Media Indo Pos,Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi munculnya Petisi Bulaksumur yang dikeluarkan oleh sivitas akademika UGM. Jokowi menyebut hal itu sebagai hak demokrasi.

“Itu hak demokrasi,” kata Jokowi di Pasar Kota Wonogiri, dilansir dari detikJateng, Kamis (1/2/2024).

Diberitakan, sivitas akademika Universitas Gadjah Mada (UGM) membuat Petisi Bulaksumur. Mereka mengkritik pemerintahan Presiden Jokowi yang dianggap telah keluar dari jalur.

Petisi itu muncul setelah mencermati dinamika yang terjadi dalam perpolitikan nasional selama beberapa waktu terakhir. Petisi itu berisi peringatan tentang nilai Pancasila dan jati diri UGM. Petisi ini mengingatkan pentingnya prinsip-prinsip moral demokrasi, kerakyatan, dan keadilan sosial.

Adapun Petisi Bulaksumur dibacakan oleh Prof Koentjoro di Balairung UGM. Dihadiri sejumlah guru besar UGM, dosen, dan mahasiswa. Petisi itu dibacakan dalam acara Mimbar Akademik: Menjaga Demokrasi oleh akademisi UGM, Rabu (31/1/2024).

“Kami menyesalkan tindakan-tindakan menyimpang yang justru terjadi dalam masa pemerintahan Presiden Joko Widodo yang juga merupakan bagian dari keluarga besar Universitas Gadjah Mada (UGM),” ucap Koentjoro membacakan isi petisi.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments