Friday, July 26, 2024
HomeTNIPolres dan Kodim 0801/Pacitan Laksanakan Apel Gelar Pasukan dan Patroli Skala Besar

Polres dan Kodim 0801/Pacitan Laksanakan Apel Gelar Pasukan dan Patroli Skala Besar

Media Indo Pos,Pacitan – Dalam rangka menyambut bulan bakti TNI Polri, Polres dan Kodim 0801/Pacitan melaksanakan apel gelar pasukan yang berlangsung di halaman Mapolres Jl. A Yani No. 60 Pacitan Selasa (06/02/2024).

Kegiatan apel gelar pasukan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Pacitan AKBP Agung Nugroho, S.I.K., M.Si., dengan mengusung tema, “TNI-Polri Jawa Timur Siap Melaksanakan Pengamanan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024”.

Dalam sambutannya, Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si., yang dibacakan Kapolres Pacitan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh stakeholder yang secara sinergi berdedikasi menciptakan kamtibmas di Jatim hingga berlangsung kondusif.

“Dinamika politik global dewasa ini menjadi salah satu aspek yang perlu diatensi secara serius oleh kita bersama, salah satunya dalam melakukan pengamanan menghadapi kerawanan jelang pemilu serentak tahun 2024,” ujarnya secara tertulis.

Dikatakan, bahwa perkembangan situasi kamtibmas di Jawa timur saat ini cukup tinggi, dikarenakan Provinsi Jatim mempunyai DPT terbesar kedua setelah Jabar, sehingga menjadi battleground pertarungan politik Nasional baik oleh caleg maupun Capres dan Cawapres.

Lebih dari itu, di tahun yang sama pihaknya juga akan melaksanakan pengamanan pilkada serentak baik Pilgub maupun Pilbup/Pilwali, di mana kerawanan akan lebih tinggi. Pasalnya, kedekatan emosional para kandidat dengan massa pendukungnya terutama pada daerah dengan ikatan kesukuan tinggi, sangat rentan mengakibatkan gesekan massa yang dapat berkembang menjadi konflik sosial horizontal berimplikasi kontinjensi.

“Melihat kompleksnya permasalahan situasi kamtibmas tersebut, maka diperlukan soliditas dan sinergitas yang tinggi antara TNI-Polri sebagai garda terdepan dalam bidang pertahanan dan keamanan nasional, guna menjaga demokrasi bangsa indonesia tetap jujur dan adil,” tandasnya.

Kapolda juga menekankan, agar terus tingkatkan sinergitas dan soliditas TNI-Polri dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Jawa Timur menuju pemilu damai dan sejuk serta mewujudkan demokrasi yang bermartabat.

“Patuhi dan taati segala bentuk peraturan yang berlaku serta selesaikan setiap permasalahan sesuai dengan koridor hukum, dengan tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan. Hindari segala sesuatu yang dapat menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat seperti kegiatan provokatif, menghasut, ujaran kebencian dan sara,” tegasnya.

Ia berharap, sebagai bagian dari masyarakat TNI-Polri harus bisa bersifat membangun, membawa nilai positif, dan bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya. Kemudian tingkatkan kegiatan yang dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan seperti olah raga bersama, patroli, pelatihan dan lain-lain.

“Tetap jaga netralitas dalam penyelenggaraan pemilu dan pemilukada serentak tahun 2024 serta laksanakan tugas sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab, sebagai suatu kehormatan karena pada hakikatnya hal tersebut adalah ibadah,” pungkasnya.

Sementara itu, Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf. Roliyanto, S.I.P., M.I.P., mengungkapkan bahwa pelaksanaan apel gelar pasukan ini sebagai langkah awal meningkatkan soliditas dan sinergitas TNI Polri, dalam menghadapi segala ancaman dan hambatan yang dapat mengganggu stabilitas kamtibmas di wilayah khususnya Pacitan.

“Kami juga mengerahkan personil gabungan TNI Polri untuk melaksanakan patroli skala besar guna mengantisipasi kejadian menonjol di wilayah Pacitan. Terlebih jelang pemilu dan pemilukada serentak, sehingga agenda tersebut bisa berjalan aman, sukses dan lancar,” tambahnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments