Saturday, July 27, 2024
HomeBerita Nasional14 Warga Klaten Keracunan Usai Makan Pecel

14 Warga Klaten Keracunan Usai Makan Pecel

Media Indo Pos,Klaten – Sebanyak 14 orang di Kecamatan Pedan, dan Trucuk, Klaten, diduga mengalami keracunan makanan setelah memakan pecel. Ada warga yang dirawat di rumah sakit, ada pula yang rawat jalan.

“Dari laporan petugas Puskesmas Pedan, untuk jumlah korban yang keracunan makanan jumlahnya 14 orang,” ungkap Subkoordinator Surveilans, Karantina Kesehatan, dan Imunisasi Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Pemkab Klaten, Mentes Hartanti, dilansir dari detikJateng, Senin (19/2/2024).

Dijelaskan Mentes, 14 orang itu ada di tiga lokasi pemeriksaan dan penanganan. Di antaranya dua orang dirawat di Puskesmas Pedan dan dua orang di RS PKU Muhammadiyah Pedan.

“Jadi dari 14 itu ada di tiga lokasi pemeriksaan. Yang dilaporkan opname dua orang di Puskesmas Pedan dan dua di RS PKU Muhammadiyah Pedan, sisanya rawat jalan,” terang Mentes.

Dinas, sebut Mentes, sudah melakukan penyelidikan epidemiologi atau PE. Sampel makanan sudah diambil untuk dilakukan uji laboratorium. “Setelah kami melakukan PE, kita dapati sampel yang kita amankan. Sampel akan lakukan pemeriksaan sampel ke Yogyakarta, apakah sampel ini yang mengandung bakteri yang menyebabkan keracunan makanan itu, dengan gejala diare dan lainnya,” lanjut Mentes.

Kondisi korban, sebut Mentes, secara umum sudah tertangani dengan baik. Kronologi dugaan keracunan tersebut bermula dari keluarga yang membeli pecel di pasar.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments