Friday, July 26, 2024
HomeTNIMenyatu dengan Alam, Dandim 0801/Pacitan Edukasi Masyarakat Melalui Penanaman Pohon

Menyatu dengan Alam, Dandim 0801/Pacitan Edukasi Masyarakat Melalui Penanaman Pohon

Media Indo Pos,Pacitan – Usai membuka secara resmi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan tahun 2024, Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf. Roliyanto. S.I.P., M.I.P., bersama jajaran Forkopimda melakukan penanaman pohon di Dusun Krajan, Desa Taman Asri, Kecamartan Pringkuku, Kabupaten Pacitan.

Aksi penanaman pohon tersebut merupakan salah satu program unggulan dari Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., di mana TNI AD harus senantiasa menyatu dengan alam dan menjaga kelestariannya.

“Gerakan menanam pohon kita sisipkan dalam program TMMD Imbangan, tujuannya untuk mengedukasi kepada masyarakat, agar turut berperan aktif menjaga kelestarian alam demi generasi mendatang,” ujarnya usai menanam pohon di lokasi, Rabu (21/02/2024).

Menurutnya, kegiatan penghijauan dinilai sangat penting, di samping untuk mencegah pemanasan global juga dapat menjaga sumber daya air, agar ketika musim kemarau tiba tidak terjadi kekeringan serta krisis air bersih.

“Dengan penghijauan yang kita laksanakan kali ini, diharapkan dapat mengimbangi proses perubahan ekosistem di alam seperti mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor, terlebih kondisi geografi Kabupaten Pacitan sangat rentan,” jelasnya.

Di sisi lain, keberadaan pohon termasuk salah satu aspek penting untuk menentukan keberlangsungan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya di masa yang akan datang.

“Mudah-mudahan tanaman yang kita tanam bisa tumbuh subur, untuk itu mari kita jaga dan rawat dengan baik agar kelak memberikan manfaat bagi generasi yang akan datang,” ungkapnya

Kemudian pada kesempatan yang sama, Dandim juga menyerahkan santunan kepada anak yatim piatu sebagai bentuk perhatian dan kepedulian antar sesama. “Semoga ini dapat membantu mengurangi beban biaya sekolah anak-anak,” ungkapnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments