Friday, April 12, 2024
HomeInternationalWorldDonald Trump Menang Pemilihan Pendahuluan Partai Republik di Carolina Selatan

Donald Trump Menang Pemilihan Pendahuluan Partai Republik di Carolina Selatan

Media Indo Pos,Jakarta – Donald Trump memenangkan pemilihan pendahuluan Partai Republik di negara bagian Amerika Serikat (AS), Carolina Selatan pada hari Sabtu (24/2). Kemenangan Trump mengalahkan saingannya Nikki Haley di negara bagian asalnya dan melanjutkan perjalanannya menuju nominasi Partai Republik dan untuk menantang kembali Presiden Joe Biden pada Pilpres AS di November mendatang.

Dilansir dari AFP, Minggu (25/2/2024), Trump menyelesaikan empat kontes pencalonan besar pertama, mengubah jajak pendapat selama satu tahun menjadi keunggulan yang mungkin tidak dapat diatasi menuju pemungutan suara “Super Tuesday” di 15 negara bagian dalam 10 hari.

Haley telah bersumpah untuk terus berjuang apa pun hasilnya. Namun Trump, yang berupaya untuk bergerak cepat dari pemilihan pendahuluan ke pemilihan umum, tidak menyebut dirinya satu kali pun dalam pidato kemenangannya di mana ia mengarahkan serangannya pada Biden.

“Kami akan berada di sini pada tanggal 5 November dan kami akan melihat Joe Biden – kami akan menatap langsung ke matanya, dia menghancurkan negara kami – dan kami akan berkata, Joe, kamu dipecat. Keluarlah,” kata Trump di sela-sela pesta kemenangannya di ibu kota negara bagian, Columbia.

Haley telah berulang kali mempertanyakan kesehatan mental mantan presiden berusia 77 tahun itu dan memperingatkan bahwa kembalinya Trump menjadi presiden akan membawa “kekacauan”, namun upayanya tampaknya tidak banyak merusak kedudukannya di kalangan Partai Republik.

Margin kemenangannya belum diketahui secara pasti, namun jaringan televisi di AS merasa bisa menentukan pemenang pemilu dalam beberapa detik setelah pemungutan suara ditutup, sehingga menunjukkan bahwa tidak ada keraguan mengenai hasilnya.

David Darmofal, seorang profesor politik di Universitas South Carolina, mengatakan kecepatan perkiraan kemenangan Trump mengukuhkan dia sebagai ‘yang secara efektif merupakan calon presiden dari Partai Republik’.

“Panggilan cepat ini merupakan akibat buruk bagi mantan Gubernur Haley di negara bagian asalnya. Panggilan cepat ini kemungkinan besar akan menambah tekanan baginya untuk mundur dari pencalonan,” katanya kepada media.

Diketahui Haley, seorang gubernur Carolina Selatan yang populer pada tahun 2010-an dan satu-satunya perempuan yang mengikuti kontes Partai Republik. Haley ingin melampaui ekspektasi dan memasuki Super Tuesday dengan penuh semangat.

Namun Haley tidak pernah mampu bersaing dalam medan pertempuran yang lebih menyukai populisme sayap kanan Trump dengan slogan ‘America first’.

Tanggapan Biden
Presiden AS Joe Biden bereaksi terhadap hasil pemilu pendahuluan di Carolina Selatan dengan mengeluarkan pernyataan tertulis singkat yang memperingatkan masyarakat Amerika akan “ancaman yang ditimbulkan oleh Donald Trump terhadap masa depan kita ketika masyarakat Amerika bergulat dengan kerusakan yang ditinggalkannya.”

Sementara itu, Haley mengingatkan para pendukungnya saat dia mengucapkan selamat kepada Trump dalam pidato konsesinya. Haley telah bersumpah untuk terus memperjuangkannya, apapun hasilnya.

“Saya adalah orang yang menepati janji saya. Saya tidak akan menyerah dalam perjuangan ini ketika mayoritas warga Amerika tidak menyetujui Donald Trump dan Joe Biden,” katanya.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments