Saturday, July 27, 2024
HomeBerita NasionalJepang-Inggris Resesi, Presiden Jokowi Waspada Susun Anggaran 2025

Jepang-Inggris Resesi, Presiden Jokowi Waspada Susun Anggaran 2025

Media Indo Pos,Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti pelemahan ekonomi yang terjadi di beberapa negara maju. Secara teknis, sudah ada dua negara maju yang terjun ke jurang resesi, yaitu Jepang dan Inggris.

“Mengikuti situasi dan ketidakpastian ekonomi global, kita tahu semuanya beberapa negara sudah masuk ekonominya ke resesi seperti Jepang dan Inggris yang baru saja masuk resesi itu,” ungkap Jokowi dalam arahannya dalam Rapat Kabinet Paripurna, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (26/2/2024).

Jokowi berpesan agar Indonesia juga mulai waspada dengan situasi ekonomi global. Khususnya dalam rangka menyusun Kerangka Ekonomi Makro 2025.

Menurutnya, perlu ada penyusunan target pertumbuhan ekonomi yang penuh kehati-hatian. Antisipasi tidak tercapainya target pertumbuhan ekonomi juga harus diperhatikan karena ada tantangan ekonomi global.

“Antisipasi dalam menyusun target pertumbuhan juga harus mencerminkan kehati-hatian dan optimisme, tak lupa kredibilitas harus tetap kita jaga,” beber Jokowi.

Orang nomor satu se-Indonesia juga meminta agar ada penajaman fokus anggaran bagi pemerintah pusat dan daerah. Kabinet juga diminta untuk membuat rencana kontinjensi terhadap dampak gejolak krisis yang kapan pun bisa terjadi.

“Lakukan penajaman fokus pemerintah pusat dan daerah dengan menyiapkan kontijensi plan jika ada gejolak dan krisis,” kata Jokowi.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments