Wednesday, April 24, 2024
HomeInternationalWorldTabrakan Kereta India, Masinis Ternyata Sedang Nonton Pertandingan Kriket di HP

Tabrakan Kereta India, Masinis Ternyata Sedang Nonton Pertandingan Kriket di HP

Media Indo Pos,New Delhi – Seorang masinis kereta api di India ternyata sedang menonton pertandingan kriket dengan ponselnya, yang membuatnya melewatkan sinyal dan menabrak kereta api lainnya dalam insiden Oktober tahun lalu. Sedikitnya 14 orang tewas dalam kecelakaan kereta tersebut.

Seperti dilansir dari AFP, Senin (4/3/2024), tabrakan kereta api mematikan itu terjadi di wilayah Andhra Pradesh pada Oktober tahun lalu, ketika India bertanding melawan Inggris dalam Piala Dunia untuk kriket yang digelar di negara tersebut.

“Kasus baru-baru ini di Andhra Pradesh terjadi karena loco-pilot dan co-pilot terganggu oleh pertandingan kriket,” ungkap Menteri Perkeretaapian India, Ahswini Vaisnaw, dalam pernyataannya seperti dikutip dari kantor berita Press Trust of India.

“Sekarang kami memasang sistem yang bisa mendeteksi gangguan semacam itu, dan memastikan bahwa pilot (masinis) dan asisten pilot sepenuhnya fokus dalam menjalankan kereta,” ujarnya.

Ratusan juta penggemar di India yang menggemari kriket menonton siaran langsung pertandingan Piala Dunia tahun lalu, yang dimenangkan oleh tuan rumah.

Secara terpisah, para pejabat India memecat kepala stasiun dan tiga karyawannya setelah rangkaian kereta barang melaju sejauh 70 kilometer tanpa masinis dalam insiden yang terjadi bulan lalu. Mereka yang dipecat dianggap melakukan kelalaian, setelah sekitar 50 gerbong kereta barang melaju sendiri selama hampir dua jam.

India memiliki salah satu jaringan kereta api terbesar di dunia, dan telah mengalami sejumlah insiden besar selama bertahun-tahun. Insiden terburuk terjadi pada tahun 1981 silam, ketika sebuah rangkaian kereta anjlok dari rel saat melintasi sebuah jembatan di negara bagian Bihar, yang menewaskan sedikitnya 800 orang.

Pada Juni 2023 lalu, tabrakan tiga rangkaian kereta sekaligus di negara bagian Odisha menewaskan hampir 300 oran. Dalam beberapa tahun terakhir, India telah menginvestasikan sejumlah besar uang untuk memperbarui jaringan stasiun modern dan sistem sinyal elektronik.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments