Friday, April 19, 2024
HomeBerita NasionalKebakaran Kandang di Boyolali, Ribuan Ekor Ayam Mati

Kebakaran Kandang di Boyolali, Ribuan Ekor Ayam Mati

Media Indo Pos,Boyolali – Kebakaran melanda satu kandang ayam di Klego, Boyolali. Sekitar 2.000 ekor ayam potong yang baru berumur 10 hari mati. Kerugian ditaksir mencapai Rp 800 juta.

“Kebakaran kandang ayam milik Pak Sukimin (57) warga Dukuh Gunungmijil, Desa Gondanglegi, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali,” kata Kepala Satpol PP Boyolali, Sunarno, kepada para wartawan, Jumat (8/3/2024).

Dijelaskan Sunarno, pemadam kebakaran di Pos Klego mendapat laporan kebakaran itu pukul 23.45 WIB tadi malam. Petugas tim pemadam langsung bergerak ke lokasi kebakaran.

Tiba di lokasi, petugas langsung melalukan pemadaman mulai pukul 00.30 WIB dini hari tadi. Api sudah berkobar besar membakar kandang ayam ukuran 15×70 meter tersebut.

Disebutnya, kebakaran itu kali pertama diketahui oleh pemiliknya, Sukimin. Malam itu dia terjaga dari tidurnya dan mendengar suara letupan kecil. “Kemudian dia menengok ke belakang rumah dan mendapati kandang ayamnya sudah terbakar. Sempat ada ledakan gas,” jelasnya.

Mendapati kandang ayamnya terbakar, Sukimin langsung memanggil anaknya. Kemudian berteriak ke warga minta bantuan sambil memukul kentongan. Warga langsung berdatangan ke lokasi untuk membantu menjinakkan si jago merah.

Warga kemudian ada yang datang ke pemadam kebakaran Pos Klego untuk minta bantuan pemadaman. Dua unit truk Damkar dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan kobaran api.

Namun api dengan cepat membesar dan merembet. Sekitar 3 jam penanganan, kobaran api akhirnya berhasil dipadamkan. “Tidak ada korban jiwa maupun luka. Kerugian materiil sekitar 2.000 ekor ayam potong berumur 10 hari, mati kehabisan oksigen. Kandang ayam juga terbakar termasuk blower pemanas habis. Stok pakan juga habis terbakar. Kerugian diperkirakan kurang lebih Rp 800 juta,” kata dia.

Penyebab kebakaran tersebut, jelas Sunarno, diduga dari blower pemanas bocor.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments