Wednesday, April 17, 2024
HomeBerita NasionalSandiaga Uno Ungkap Arahan Jokowi Gelar Konser Internasional Hingga 5 Tahun ke...

Sandiaga Uno Ungkap Arahan Jokowi Gelar Konser Internasional Hingga 5 Tahun ke Depan

Media Indo Pos,Jakarta – Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengungkap arahan Presiden Joko Widodo untuk menyiapkan perhelatan konser berskala internasional selama 6 bulan hingga 5 tahun ke depan. Selain konser, Jokowi juga meminta agar penyelenggaraan event olahraga dan seni kelas dunia ditarik ke RI.

“Kemarin Pak Presiden beri arahan langsung kepada saya, untuk menyiapkan selama 6 bulan ke depan dan 5 tahun ke depan, konser besar, event olahraga dan event dunia, event seni dan budaya ditarik ke RI,” kata Sandiaga Uno dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Kominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2024).

Melalui arahan tersebut, kata dia, diharapkan proses penawaran (bidding) bisa dilakukan sebelum pemerintahan Jokowi berakhir pada Oktober 2024 mendatang. Sehingga, perhelatan konser maupun event kelas dunia bisa digelar sekalipun pemerintahan telah berganti. “Itu arahan langsung dari Pak Presiden nanti pemerintahan terpilih, kita biddingnya sekarang, tapi konsernya bisa di 2024 maupun di 2025 ke depan,” jelasnya.

Selain itu, Sandiaga menyebut Jokowi mengusulkan agar dibentuk konsorsium yang melibatkan negara besar lainnya. Nantinya, konsorsium itu akan menghasilkan kesepakatan penyediaan fasilitas mumpuni untuk konser maupun event kelas dunia.

“Pak presiden menitipkan semacam konsorsium yang melibatkan negara lain. Ide awal negara besar seperti RI, India, Cina, dan satu negara di timur tengah, UEA misalnya, bentuk sebuah konsorsium kesepakatan mengundang dan menyediakan fasilitas mumpuni untuk konser maupun kegiatan event besar,” terangnya.

Tak hanya itu, Sandiaga memastikan pihaknya akan menjemput bola menawarkan event-event berkualitas digelar di RI. “Strateginya jemput bola,” jawabnya.

Sandiaga Salahuddin Uno sebelumnya menemui Pejabat Menteri Perdagangan Singapura untuk menjajaki potensi kolaborasi dalam menghadirkan konser-konser musisi kelas dunia dan event berkelas internasional lainnya di Indonesia.

Dalam keterangannya, seperti dikutip Selasa (12/3/2024) Menparekraf Sandiaga mengatakan ia menemui Menteri Keberlanjutan dan Lingkungan sekaligus Pejabat Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Grace Fu Hai Yien dalam kunjungannya ke Singapura, Jumat (8/3/2024) lalu.

Pertemuan itu untuk membahas potensi kolaborasi antara Indonesia dan Singapura dalam menghadirkan berbagai event berkelas internasional, terutama konser-konser yang menghadirkan musisi kelas dunia. Karena berkaca dari penyelenggaraan konser penyanyi Taylor Swift di Singapura baru-baru ini, perekonomian Singapura mengalami peningkatan karena pengeluaran para penonton konser ini lima kali lipat lebih besar dibanding wisatawan biasa.

Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia saat ini tengah menyiapkan Indonesia Tourism Fund sebagai penyedia dana pendamping dan insentif bagi pelaku parekraf di Tanah Air. “Strateginya kita menawarkan insentif khusus bagi para promotor atau event organizer yang akan mendatangkan atraksi internasional di Indonesia,” kata Sandiaga.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments