Saturday, July 27, 2024
HomeInternationalWorldTambang Emas Australia Ambruk, 1 Orang Tewas

Tambang Emas Australia Ambruk, 1 Orang Tewas

Media Indo Pos,Jakarta – Tim pencari menemukan satu jenazah setelah sebuah tambang emas di Australia ambruk pada Rabu (13/3) waktu setempat. Sementara 29 pekerja tambang yang terperangkap di bawah tanah berhasil diselamatkan usai operasi penyelamatan besar-besaran.

Dilansir dari AFP, Kamis (14/3/2024), sekelompok 30 penambang sedang bekerja jauh di dalam Tambang Emas Ballarat di negara bagian Victoria ketika tambang itu ambruk pada Rabu malam waktu setempat.

Sementara 29 pekerja berhasil diselamatkan dalam beberapa jam, seorang pria berusia 37 tahun tak berdaya terjepit bebatuan yang berjatuhan. Layanan darurat bekerja keras sepanjang malam untuk mengeluarkan pria tersebut dari reruntuhan, sekitar tiga kilometer (1,9 mil) dari pintu masuk tambang.

Jenazah pria tersebut berhasil dikeluarkan dari tambang pada Kamis pagi waktu setempat. Pejabat serikat pekerja telah mengajukan pertanyaan tentang catatan keselamatan tambang tersebut. Tambang emas tersebut juga pernah runtuh pada tahun 2007 ketika dimiliki oleh perusahaan lain.

“Para inspektur dan penyelidik saya telah berada di lokasi sejak tadi malam,” kata Narelle Beer, direktur eksekutif regulator keselamatan kerja di negara bagian tersebut, WorkSafe Victoria.

“Ini akan menjadi penyelidikan yang rumit dan terperinci. Dan kami sangat ingin memahami bagaimana kami dapat memastikan bahwa tragedi seperti ini tidak akan terjadi lagi,” ujarnya.

Sebelumnya, tambang tersebut pernah runtuh pada tahun 2007 menyebabkan 27 pekerja terjebak di bawah tanah. Namun, semuanya berhasil dikeluarkan tanpa cedera setelah operasi penyelamatan selama lima jam.

Victory Minerals mengambil alih kepemilikan tambang emas tersebut pada Desember 2023, dan kini mempekerjakan sekitar 200 orang. Ballarat, sekitar dua jam perjalanan ke arah barat ibu kota negara bagian Melbourne, terletak di pusat salah satu kawasan pertambangan emas paling terkenal di Australia.

Logam mulia itu ditemukan di dekat kota pada tahun 1851, memicu demam emas yang berlangsung selama beberapa dekade. Victoria memproduksi sekitar 30 persen dari seluruh emas yang ditambang di Australia, dan hampir dua persen dari stok global setiap tahunnya.

Penelitian menunjukkan bahwa sektor pertambangan Australia adalah salah satu yang paling aman di dunia – meskipun masih merupakan salah satu industri yang paling mematikan di negara ini.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments