Friday, April 12, 2024
HomeBisnisFinanceMendag Zulhas Mau Revisi Aturan Barang Bawaan Penumpang dari Luar Negeri

Mendag Zulhas Mau Revisi Aturan Barang Bawaan Penumpang dari Luar Negeri

Media Indo Pos,Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 36 Tahun 2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor memungkinkan untuk direvisi karena menuai keluhan dari sejumlah pihak.

“Permendag 36 yang mungkin (direvisi) karena Permendag 36 itu banyak keluhan ada soal sepatu, soal bedak musti lartas (larangan dan pembatasan) nanti kita evaluasi,” kata Zulhas di Pasar Tanah Abang, kemarin, dikutip Jumat (15/3/2024).

Zulhas mengatakan pihaknya telah membuat pengajuan untuk membahas lagi terkait aturan tersebut. “Sudah bikin surat untuk kita bahas kembali, misalnya makanan masa mesti ada rekomendasi,” jelasnya.

Sebagai informasi, Permendag 36 merupakan aturan pengaturan kebijakan impor, di antaranya pengawasan barang impor yang akan dikembalikan lagi dari post border ke border.

Diketahui, pengawasan border yaitu pengawasan yang dilakukan oleh petugas bea cukai di kawasan pabean. Sedangkan pengawasan post border dilakukan setelah keluar kawasan pabean dan telah beredar di masyarakat (peredaran bebas/pasar) yang diawasi oleh kementerian dan lembaga (K/L) terkait.

Barang yang masuk dalam pengawasan impor dari Post-Border menjadi Border antara lain untuk elektronik, alas kaki, barang tekstil, tas, serta sepatu. Selain itu diatur juga pembatasan barang bawaan penumpang perjalanan dari luar negeri. Ada lima jenis barang yang dibatasi.

Daftar Barang Bawaan dari Luar Negeri yang Dibatasi:
1. Alas kaki dibatasi 2 pasang per penumpang
2. Tas dibatasi 2 pcs per penumpang
3. Barang tekstil jadi lainnya dibatasi 5 pcs per penumpang
4. Elektronik dibatasi 5 unit dan dengan total nilai maksimal FOB 1.500 per penumpang
5. Telepon seluler, handheld dan komputer tablet dibatasi 2 pcs per penumpang dalam jangka waktu 1 tahun

(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments