Saturday, July 27, 2024
HomeBerita NasionalMenhub Budi Ancam Sanksi Maskapai Jual Tiket Pesawat Mahal Saat Mudik

Menhub Budi Ancam Sanksi Maskapai Jual Tiket Pesawat Mahal Saat Mudik

Media Indo Pos,Jakarta – Menhub RI Budi Karya Sumadi mewanti-wanti maskapai agar tidak menjual tiket pesawat kelas ekonomi melebihi tiket batas atas (TBA) yang ditetapkan. Dia mengancam akan menjatuhkan sanksi kepada maskapai yang menjual tiket pesawat dengan mahal saat mudik Lebaran 2024.

“Kita tekankan pada semua airlines untuk menjaga batas atas, apabila lebih dari pada batas atas, kami sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Budi Karya dalam konferensi pers di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2024).

Budi menekankan ketentuan batas atas telah ditetapkan dengan berbagai unsur, mulai leasing, kepemilikan pesawat, avtur, hingga tenaga kerja. Meski begitu, Budi menyebutkan ketentuan batas atas tak diberlakukan untuk tiket kelas bisnis.

“Tapi saya ingatkan TBA tidak berlaku untuk tiket bisnis,” ucapnya.

Seperti diketahui, pemudik pada masa Lebaran 2024 diprediksi mencapai 193 juta orang. Kemenhub melakukan sejumlah langkah antisipasi mulai dari pengaturan lalu lintas hingga mudik gratis.

“Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi (BKT), terdapat tren peningkatan potensi pergerakan masyarakat secara nasional pada masa Lebaran 2024, yaitu sebesar 71,7% dari jumlah penduduk Indonesia sebanyak 193 juta orang,” kata Menhun Budi Karya Sumadi dalam jumpa pers virtual persiapan mudik 2024, Minggu (17/3).

Sementara itu, sebanyak 28 juta orang diperkirakan akan meninggalkan Jabodetabek. Budi mengatakan pemudik Lebaran tahun ini akan meningkat. “Dari angka tersebut, sebesar 14,6% atau 28,4 juta orang penduduk Jabodetabek akan melakukan perjalanan di masa mudik Lebaran 2024, hal ini mengindikasikan bahwa terdapat kecenderungan peningkatan minat masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024 dibandingkan tahun 2023 sebesar 45,8% atau 123 juta orang,” katanya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments