Monday, May 20, 2024
HomeBerita NasionalJumlah Pendatang ke DKI Usai Lebaran Kali Ini Diprediksi Turun

Jumlah Pendatang ke DKI Usai Lebaran Kali Ini Diprediksi Turun

Media Indo Pos,Jakarta – Jumlah pendatang baru ke Jakarta diperkirakan turun setelah Lebaran 2024. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta memprediksi jumlah masyarakat yang akan mengadu nasib di Jakarta berkurang.

“Insyaallah jumlah penduduk pendatang pada arus balik mudik ke DKI Jakarta tahun 2024 akan turun diprediksi sebesar 10 ribu sampai 15 ribu orang,” kata Kepala Dukcapil DKI Jakarta Budi Awaludin saat dihubungi, Sabtu (13/4/2024).

Berkurangnya pendatang ke Jakarta pasca-Lebaran, kata Budi, karena penertiban yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Berbagai masalah di Jakarta juga disebut menjadi daya halau.

Budi juga menyebut salah satu faktor menurunnya pendatang baru ke Jakarta adalah pembangunan nasional secara umum mulai merata saat ini, baik dari sisi infrastruktur maupun perekonomian nasional. “Pemerataan lapangan kerja saat ini sudah banyak pilihan di seluruh Indonesia,” terangnya.

Budi memerinci jumlah penduduk yang balik ke Jakarta dengan membawa sanak saudara. Tercatat ada 24 ribu pendatang pada 2020 dan turun menjadi 20 ribu pada 2021. Kemudian, pendatang yang masuk Jakarta naik pada 2022 menjadi 27 ribu dan kembali turun menjadi 25 ribu pada 2023. Penurunan ini seiring dengan adanya penertiban data kependudukan sesuai domisili.

“Berdasarkan tren jumlah pendatang pasca-lebaran, dan arus balik mudik selama 4 tahun terakhir yaitu tahun 2020 sebanyak 24.043, tahun 2021 sebanyak 20.046, tahun 2022 sebanyak 27.478 dan tahun 2023 sebanyak 25.918,” ujarnya.

“Namun yang dilakukan oleh pemda DKI Jakarta dalam menekan kepadatan penduduk melalui Disdukcapil DKI Jakarta adalah dengan Program Penataan Administrasi Kependudukan serta dimana warga yang memiliki KTP DKI Jakarta diwajibkan sesuai dengan domisilinya,” sambungnya.

Di sisi lain, Budi tetap menghimbau masyarakat tidak membawa sanak saudara beradu nasib di Jakarta, terlebih belum memiliki tempat tinggal dan pekerjaan.

“Kami mengimbau kepada warga Jakarta yang saat ini merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halamannya agar saat kembali nanti untuk tidak membawa sanak saudara, kerabat, serta keluarga lainnya ke Jakarta tanpa ada jaminan tempat tinggal dan tempat kerja yang layak di Jakarta,” pungkasnya.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments