Saturday, July 27, 2024
HomeBerita NasionalMenhub Budi Cek Arus Balik Mudik di Bakauheni: Hari Ini Relatif Landai

Menhub Budi Cek Arus Balik Mudik di Bakauheni: Hari Ini Relatif Landai

Media Indo Pos,Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengecek pergerakan arus balik mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung. Budi menilai situasi arus balik mudik relatif landai hari ini.

“Alhamdulillah dengan adanya relaksasi yang dilakukan kemarin, hari ini masih relatif landai. Jadi menurut ukuran daripada jumlah kapal yang harus dioperasikan, relatif masih landai,” kata Budi di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Minggu (14/4/2024).

Budi juga mengapresiasi Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika menerapkan delaying system (sistem tunda). Untuk diketahui, sistem ini menjadi acuan kepolisian setempat untuk memutuskan cara bertindak atau rekayasa lalu guna mengatasi penumpukan pemudik di Pelabuhan Bakauheni.

“Kalau padat maka banyak kapal yang harus dioperasikan secara praktikel, langsung dari sini, langsung di sana bongkar balik lagi tanpa memuat. Nah ini kita lakukan dengan upaya. Selain itu kita juga mengoperasikan Panjang dengan tiga kapal menuju Ciwandan,” ujarnya.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan berbagai macam perbaikan arus balik lebaran sudah dilakukan. Meski begitu, Muhadjir mengakui ada beberapa faktor determinan yang sulit untuk direkayasa, di antaranya cuaca dan gelombang.

“Semoga cuaca baik-baik saja supaya tidak mengganggu timeline yang sudah disepakati tadi. Mudah-mudahan balik dari mudik yang ceria dan penuh makna bisa dinikmati oleh para pengguna arus balik,” paparnya.

Sementara itu, Helmy mengatakan volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni saat ini terkendali. Dia menyebut situasi saat ini dalam lampu hijau. “Khusus di pelabuhan Bakauheni samai saat ini masih hijau dan ini kita akan pertahankan terus. Dan dengan kolaborasi insyaAllah tetap pada situasi hijau. Kemudian di jalur lintas tengah barat dan timur situasi arus lalu lintas juga lancar,” jelasnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments