Monday, May 20, 2024
HomeInternationalWorldIsrael Kirim Jet Tempur Gempur Hizbullah di Lebanon

Israel Kirim Jet Tempur Gempur Hizbullah di Lebanon

Media Indo Pos,Tel Aviv – Jet-jet tempur Israel menggempur infrastruktur milik kelompok Hizbullah di wilayah Baalbek, Lebanon bagian timur. Gempuran militer Tel Aviv itu dilancarkan setelah Hizbullah yang didukung Iran mengklaim telah menyerang pangkalan militer Israel di wilayah utara negara itu hingga melukai 14 tentara.

Seperti dilansir dari Reuters, Kamis (18/4/2024), aksi saling serang antara Hizbullah dan Israel ini semakin meningkatkan kekhawatiran akan eskalasi konflik lebih luas di kawasan Timur Tengah.

Angkatan Udara Israel (IAF), dalam pernyataan pada Rabu (17/4) waktu setempat, mengumumkan bahwa jet-jet tempurnya telah menyerang infrastruktur Hizbullah di Baalbek bagian utara di Lebanon.

“Awal malam ini, jet-jet tempur IAF menyerang infrastruktur penting milik teroris Hizbullah yang digunakan oleh sistem pertahanan udara organisasi teroris tersebut di Baalbek bagian utara,” sebut Angkatan Udara Israel dalam pernyataannya.

Tidak disebutkan lebih lanjut oleh Angkatan Udara Israel soal apakah serangan udara di Lebanon itu memicu kerusakan atau korban jiwa.

Serangan udara Israel dilancarkan tak lama setelah Hizbullah meluncurkan rudal dan drone ke fasilitas pangkalan militer Israel di area desa Bedouin di Arab al-Aramshe. Militer Israel menyebut 14 tentaranya mengalami luka-luka akibat serangan itu, dengan enam tentara di antaranya dalam kondisi serius di rumah sakit.

Serangan rudal dan drone Hizbullah itu merupakan pembalasan atas serangan Israel sebelumnya, yang menewaskan beberapa anggota kelompok tersebut.

Dalam pernyataannya saat mengumumkan serangan terhadap Hizbullah di Lebanon, militer Israel menyebut pasukannya telah “menyerang sumber api” usai mengidentifikasi beberapa lokasi peluncuran rudal anti-tank dan drone dari Lebanon ke wilayahnya.

Hizbullah dan militer Israel terlibat aksi saling serang lintas perbatasan yang semakin meningkat sejak perang berkecamuk di Jalur Gaza. Pertempuran ini memicu kekhawatiran soal risiko eskalasi lebih lanjut di kawasan.

Kekhawatiran semakin meningkat setelah Iran melancarkan serangan balasan terhadap Israel, dengan meluncurkan ratusan drone dan rudal pada akhir pekan lalu, dan otoritas Israel menegaskan akan membalas Teheran.

Menurut data Reuters, sedikitnya 370 warga Lebanon, termasuk lebih dari 240 petempur Hizbullah dan 68 warga sipil, tewas dalam serangan lintas perbatasan. Sementara di kubu Israel, dilaporkan 18 orang tewas, termasuk tentara dan warga sipil.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments