Monday, May 20, 2024
HomeBerita NasionalPenjelasan KAI Soal Heboh Syarat Rekrut Pegawai IPK 3,5-Skor TOEFL 500

Penjelasan KAI Soal Heboh Syarat Rekrut Pegawai IPK 3,5-Skor TOEFL 500

Media Indo Pos,Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI buka suara soal viral syarat rekrutmen karyawan, salah satunya IPK 3,5 hingga skor TOEFL 500. Rekrutmen KAI dibuka pendaftarannya pada 17-22 April 2024.

Vice President (VP) Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan terkait akreditasi perguruan tinggi serta IPK dapat menjadi indikator kualitas pendidikan dan kompetensi calon karyawan.

“Standar tinggi dalam rekrutmen ini mencerminkan komitmen KAI terhadap kualitas dan profesionalisme. Dengan menetapkan standar yang tinggi, KAI dapat membangun tim yang terdiri dari individu-individu yang memiliki kemampuan dan integritas tinggi. Hal ini dapat berkontribusi pada produktivitas, inovasi, dan peningkatan pelayanan kepada pelanggan yang semakin kompleks,” kata dia dalam keterangannya, Jumat (19/4/2024).

Berkaitan dengan skor TOEFL, KAI menilai kemampuan bahasa Inggris yang baik juga menjadi penting dalam lingkungan bisnis global saat ini. Apalagi KAI juga memiliki pelanggan dan mitra dari mancanegara.

Selain itu dengan mahir berbahasa Inggris KAI menginginkan agar para pegawai memiliki kapabilitas sebagai calon pemimpin KAI di masa depan dengan wawasan global.

“Kemampuan berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris dapat mempermudah kolaborasi dan memastikan bahwa informasi dapat dipahami dengan jelas oleh semua pihak terkait,” jelasnya.

Sementara persyaratan tinggi badan, KAI mengikuti batas tinggi badan sertifikasi Direktorat Perkeretaapian Kemenhub untuk masinis. “Artinya dipersiapkan jika ada kebutuhan rotasi formasi pekerjaan dari pekerja lain menjadi pekerja kru KA. Agar kesinambungan perusahaan tetap berlangsung,” jelasnya.

Untuk berat badan, KAI menyebut mengikuti aturan WHO untuk BMI (body mass index) ideal yang sehat dan minim risiko penyakit diabetes melitus atau jantung karena obesitas.

Keterangan itu menanggapi viralnya rekrutmen KAI salah satunya soal IPK 3,5 dan skor TOEFL minimal 500. Kata ‘IPK 3,5’ pun sampai menjadi trending di X Indonesia. Salah satu akun yang paling ramai @jod******* mengkritik sembari mengunggah pemberitahuan di salah stasiun.

“Spec TOEFL 500 dengan tinggi badan minimal 160 cm terakreditasi A IPK 3,5 bisa dreamwalk dan membuka dimensi ke universe lain hasil kerjanya kaya gini,” kata akun tersebut, sembari mengunggah papan pengumuman di stasiun yang bertuliskan ‘Dilarang lewat di sini, please don’t walk here’.

Unggahan itu dikomentari 885 akun, kemudian ditayangkan 2,8 juta kali, disukai oleh 12 ribu akun, dan diposting ulang oleh 3 ribu akun.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments