Friday, July 26, 2024
HomeBerita NasionalFakta Tentara AS Meninggal di Hutan Karawang Usai Sempat Hilang

Fakta Tentara AS Meninggal di Hutan Karawang Usai Sempat Hilang

Media Indo Pos,Jakarta – Perwira tentara Amerika Serikat (US Army) Major William Walker ditemukan meninggal di sekitar hutan Desa Karanganyar, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang. Walker diketahui sempat dilaporkan hilang usai terpisah dari rombongan.

Awalnya, kabar hilangnya Walker ini disampaikan Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Arif Budiman. Peristiwa diduga hilangnya seorang perwira US Army terjadi pada Senin (22/4/2024), sekitar pukul 14.00 WIB.

“Iya tentara Amerika, kalau kejadian hilang itu kemarin, kita masih menyisir di wilayah Desa Karanganyar,” ucap Arif, dilansir dari detikJabar, Selasa (23/4).

Dihimpun dari berbagai sumber informasi yang beredar pada Senin (22/4) malam, perwira US Army tersebut diketahui bernama Major William Walker dari satuan Aviation Officer, yang tergabung dalam tim Tinjau Medan SGS TNI dan US Army, yang berlangsung di Perumahan Karawang Baru, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang.

Arif mengatakan pihaknya telah melakukan pencarian sejak diberi laporan pada Senin (22/4) malam. Namun, belakangan diketahui bahwa korban ditemukan dalam keadaan meninggal. Apa saja fakta yang diketahui sejauh ini?

1. Sempat Kirim Lokasi Via GPS
Sebelum dinyatakan hilang, William sempat mengirimkan lokasi via GPS dari ponselnya. Lokasinya di sebuah galian hutan.

“Korban hilang dilaporkan membawa HP iPhone miliknya. Melalui GPS yang dikirim dari HP korban, diketahui lokasi terakhirnya berada di sebuah galian hutan, yang berjarak 1 jam 30 menit dari posko utama di Perumahan Karawang Baru,” kata Arif.

Arif menerangkan, pihaknya sempat melakukan pencarian bersama dengan Babinsa, Bhabinkamtibmas terdekat, serta pihak Kodim 0604 Karawang, dan Yonif 305 Karawang.

“Iya kita bareng dengan Babinsa Bhabikamtibmas, termasuk juga dari Kodim dan Yonif 305, kita juga sebar informasi kepada warga melalui foto korban,” imbuhnya.

2. Sedang Survei Tempat Pendaratan
Mabes TNI menyatakan Walker hilang saat sedang melakukan survei tempat pendaratan untuk pelaksanaan latihan bersama Super Garuda Shield (SGS).

“Masih survei, belum latihan bersama. Masih survei, di mana dalam rangka latihan SGS kan ada tahap pendaratan,” ucap Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen TNI Nugraha Gumilar, kepada awak medfa, Selasa (23/4).

“Disurvei tempat pendaratannya, masih meninjau medan. Yang bersangkutan sedang meninjau medan, survei untuk tempat latihan Super Garuda Shield (SGS),” imbuh Nugraha.

3. Ditemukan Meninggal
Belakangan diketahui bahwa Walker ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Ia diduga mengalami serangan jantung.

“Ya, benar (ditemukan meninggal), karena sakit mendadak, diduga serangan jantung,” kata Nugraha.

Nugraha menuturkan kemarin prajurit TNI dan US Army melakukan survei medan pendaratan untuk pasukan terjun payung. Jarak tempuh saat survei tersebut, menurut Nugraha, cukup panjang.

4. Walker Sempat Hilang
Saat semua prajurit telah rampung memeriksa titik pendaratan dan kembali ke titik kumpul, Walker tak kembali. Walker akhirnya dicari.

“Ya, jadi itu kan kita lagi cari tempat pendaratan (terjun payung). Kita (prajurit TNI dan US Army) sama-sama bergerak, mengukur untuk pendaratan pasukan, jaraknya cukup panjang kan itu. Mengukur, terus tiba-tiba ditunggu, yang bersangkutan belum pulang, ternyata meninggal,” jelas Nugraha.

5. Sudah Dievakuasi
Nugraha menyampaikan jenazah perwira menengah tentara Amerika Serikat (US Army) dari satuan Aviation Officer, Major William Walker, telah dievakuasi. Jenazah telah disemayamkan di rumah sakit.

“Sudah (dievakuasi-red), sudah dibawa ke rumah sakit,” ujarnya.

Mayjen Nugraha menyampaikan jenazah Walker ditemukan semalam. Mayjen Nugraha mengatakan TNI, tim SAR dan US Army langsung mencari korban yang tak kunjung pulang dari sore. “(Ditemukan-red) malam ya waktu itu jamnya. Malam diketemukannya, karena nggak kembali, langsung dicari,” imbuh Mayjen Nugraha.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments