Friday, July 26, 2024
HomeBerita NasionalMegawati: Anak Muda Kini Tak Berpikir Seni Indonesia

Megawati: Anak Muda Kini Tak Berpikir Seni Indonesia

Media Indo Pos,Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menghadiri Pameran Seni Rupa Butet Kartaredjasa bertajuk ‘Melik Nggendong Lali’ di Gedung A Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat. Megawati meminta anak-anak muda berpikir soal seni.

“Anak-anak muda sekarang tidak berpikir mengenai seni budaya Indonesia. Saya juga suka K-pop, cucu saya semua senang, saya senang, tapi kan tidak menghargai seperti ini (seperti karya Butet). Budaya Indonesia Nusantara itu luar biasa, harus diambil dari Bhinneka Tunggal Ika kita,” ujar Megawati di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Senin (13/5/2024).

Menurutnya, pameran seni rupa ini luar biasa karena seni merupakan bagian dari kehidupan. Banyak interpretasi seni yang bisa diambil tergantung diri masing-masing.

“Kalau Mas Butet bilangnya begini lalu saya setuju justru bukan begitu. Orang seni itu kan suka aneh-aneh ya karena keluarga saya juga dari orang seni. Bapak saya seniman besar loh,” kata Megawati.

Megawati menyebut karya-karya yang ditampilkan dalam Pameran Seni Rupa ‘Melik Nggendong Lali’ dihasilkan dari pemikiran Butet Kartaredjasa yang sarat emosi. Megawati mengaku sangat menikmati karya-karya tersebut.

“Menurut pikiran saya, Pak Butet ini mengalirkan kemarahannya tapi dengan sangat artistik dan luwes. Sebuah kreativitas dan imajinasi yang mana ada nggak ada lagi contohnya, ya cuma dia (Butet sendiri),” ujar Megawati.

Megawati mengaku menikmati seluruh karya yang ditampilkan dalam Pameran Butet Kertaredjasa. Ia menyebut Butet mengekspresikan kemarahannya dengan lembut dan tidak teriak-teriak.

“Nah menurut saya, kalau bisa dan boleh sama beliau (Butet) saya borong semua, tapi duitnya cukup apa nggak kan gitu. Saya mau pasang di kantor saya, DPP PDIP, supaya nanti kalo ketemu anak-anak PDIP akan saya ceritakan maksudnya, apa keinginan beliau dalam mengekspresikan kemarahan,” ujarnya.

“Ini kan lembut banget nggak teriak-teriak. Jadi itu kalau ditanya favorit saya yang mana itu banyak banget,” pungkasnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments