Tuesday, June 25, 2024
HomeBisnisFinance3 Dampak Kematian Presiden Iran Gegara Kecelakaan Helikopter ke Ekonomi Dunia

3 Dampak Kematian Presiden Iran Gegara Kecelakaan Helikopter ke Ekonomi Dunia

Media Indo Pos,Jakarta – Presiden Iran Ebrahim Raisi dan menteri luar negeri Hossein Amir-Abdollahian dilaporkan meninggal dalam kecelakaan helikopter saat tengah melintasi daerah pegunungan dekat perbatasan Azerbaijan pada Minggu (19/5) kemarin.

“Presiden Raisi, menteri luar negeri dan seluruh penumpang helikopter tewas dalam kecelakaan itu,” kata seorang pejabat senior Iran yang tidak ingin menyebutkan namanya kepada media, dikutip Senin (20/5/2024).

Kabar meninggalnya Presiden Raisi kemudian dikonfirmasi melalui pernyataan Wakil Presiden Mohsen Mansouri di media sosial dan televisi pemerintah. Berdasarkan aturan negara itu, Mansouri dikabarkan akan mengambil alih jabatan presiden sementara dalam waktu dekat.

Kabar meninggalnya Presiden Iran ini diprediksi bisa memberikan dampak yang cukup serius terhadap tensi geopolitik hingga ekonomi global. Dilansir dari media News Track Live, berikut beberapa dampak ekonomi yang imbas meninggalnya Presiden Ebrahim Raisi.

1. Naiknya Harga Minyak
Meninggalnya Presiden Raisi sedikit banyak menimbulkan ketidakpastian mengenai kepemimpinan Iran. Hal ini dinilai dapat menyebabkan fluktuasi harga minyak.

Sebab sedari awal Iran merupakan salah satu negara penghasil minyak terbesar dunia. Sehingga setiap gangguan dalam produksi minyak mereka (termasuk kondisi pemerintahan Iran) dapat mempengaruhi pasokan dan harga global.

Meski demikian, para ahli berpendapat pasar minyak dunia kemungkinan besar tidak akan mengalami volatilitas ekstrim dalam jangka panjang karena kelebihan kapasitas yang dikelola oleh OPEC saat ini.

Namun imbas peristiwa itu sudah membuat perdagangan minyak mentah di pasar Asia mengalami kenaikan harga. Sebab banyak investor khawatir akan ‘kehabisan’ minyak mentah jika pemimpin Iran selanjutnya tidak segera ditentukan.

2. Meningkatkan Permintaan Emas Global
Ketidakstabilan politik sering kali menjadi salah satu faktor pendorong bagi para investor untuk membeli aset-aset ‘safe-haven’ seperti emas. Kondisi ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap harga emas global.

Belum lagi kabar meninggalnya Raisi dapat menyebabkan periode ketidakpastian politik di Iran. Padahal sekarang ini negara itu ikut terlibat dalam konflik regional melawan Israel bersama sekutu mereka Hamas dan Hizbullah.

Sehingga kabar tersebut membuat kondisi geopolitik menjadi sangat tidak pasti dan meningkatkan ketegangan regional. Kondisi ini bahkan disebut-sebet membuat harga emas di sejumlah wilayah melonjak hingga mencapai titik tertinggi sepanjang masa.

3. Sentimen Pasar Saham
Kabar meninggalnya Raisi juga diprediksi dapat mempengaruhi pasar saham global, khususnya untuk perusahaan yang bergerak di sektor migas. Sebab kabar ini akan membuat investor mempertimbangkan potensi ketidakstabilan regional.

Meski begitu, kabar ini dinilai tidak akan memberikan dampak yang cukup besar terhadap kondisi pasar. Sebab pasar saham di banyak negara telah menunjukkan ketahanan terhadap peristiwa geopolitik yang kemungkinan besar karena efek stabilisasi dari kapasitas cadangan OPEC.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments