Tuesday, June 25, 2024
HomeInternationalWorldAustralia Laporkan Infeksi Flu Burung Pertama Pada Manusia

Australia Laporkan Infeksi Flu Burung Pertama Pada Manusia

Media Indo Pos,Melbourne – Otoritas Australia melaporkan kasus flu burung pertama pada manusia di wilayahnya, pada Rabu (22/5) waktu setempat. Flu burung ini terdeteksi pada seorang anak, yang menurut otoritas setempat, terinfeksi di India namun telah sembuh total.

Seperti dilansir dari Reuters, Rabu (22/5/2024), virus flu burung jenis H5N1 melanda dunia dalam beberapa tahun terakhir, membunuh miliaran unggas yang dibudidayakan maupun unggas liar, serta menyebar ke puluhan spesies mamalia.

Otoritas kesehatan di negara bagian Victoria mengatakan bahwa pelacakan kontak belum mengidentifikasi adanya kasus lebih lanjut, dan sangat kecil kemungkinan bagi orang lain tertular karena flu burung tidak mudah menyebar antarmanusia.

“Ini merupakan kasus pertama yang terkonfirmasi di Australia untuk flu burung yang sangat patogen pada manusia,” ucap kepala otoritas kesehatan negara bagian Victoria, Dr Claire Looker, dalam pernyataannya.

Looker menyebut bahwa ini menjadi pendeteksian pertama untuk flu burung jenis H5N1 pada seorang manusia atau seekor binatang di Australia. “Anak itu mengalami infeksi parah tetapi dia tidak lagi sakit dan telah sembuh sepenuhnya,” sebutnya.

Kasus yang terdeteksi di Victoria ini, sebut Looker, melibatkan virus H5N1 namun jenisnya tidak sama dengan yang memicu wabah di Amerika Ssrikat (AS).

Seorang pekerja peternakan di Texas, AS, dinyatakan positif terinfeksi flu burung pada awal tahun ini ketika virus itu menyebar melalui kawanan ternak. Australia menjadi satu-satunya benua di mana unggas sejauh ini terbebas dari virus flu burung H5N1. Namun otoritas setempat pada Rabu (22/5) waktu setempat melaporkan jenis flu burung yang sangat patogen telah terdeteksi di sebuah peternakan ayam petelur di dekat Melbourne.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments