Friday, July 26, 2024
HomeHukum & KriminalCaleg PKS 'Bos' 70 Kg Sabu Tinggalkan Istri Lagi Hamil

Caleg PKS ‘Bos’ 70 Kg Sabu Tinggalkan Istri Lagi Hamil

Media Indo Pos,Jakarta – Polisi mengungkap caleg DPRK Aceh Tamiang dari PKS, Sofyan, sempat bersembunyi di hutan setelah jadi buron terkait sabu 70 kilogram. Sofyan hanya menjenguk istrinya sekali saat pelariannya tersebut.

“Dia kabur naik bus ke Palembang, sampai 3 kali ganti ke Medan di Amplas, baru naik mobil Elf ke Tamiang, nengokin istrinya sebentar, sudah ilang. Langsung masuk hutan di kebun-kebun atas,” kata Kasubdit IV Dittipid Narkoba Bareskrim Polri Kombes Gembong Yudha saat dihubungi, Kamis (30/5/2024).

Sofyan menyadari bahwa dirinya bakal dicari polisi setelah adik iparnya tak bisa dihubungi. Dia bahkan tak berlebaran bareng istri dan keluarganya lantaran takut dicari-cari polisi.

Sofyan keluar dari hutan setelah bajunya habis. Sofyan kemudian berbelanja baju di distro. Saat itulah Sofyan berhasil diringkus Direktorat Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Polri.

“Sudah hampir dua bulan (sembunyi) pikiran dia ‘kok nggak ada yang nyari polisi’, dia kan kakinya banyak. Tapi dia karena merasa berbuat salah dia akhirnya ngumpet-ngumpet terus keluar, cari baju,” kata dia.

“Naik motor. Sebelum itu dia kan di kedai kopi agak ke dalam kita udah monitor, cuma waktu itu takutnya ribut, kita tungguin,” imbuhnya.

Gembong mengatakan Sofyan kabur meninggalkan istrinya yang sedang hamil.

“Itu istrinya lagi hamil 6 bulan,” ucapnya.

Kendalikan Jaringan
Direktur Tindak Pidana (Dirtipid) Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Mukti Juharsa mengungkap peran Sofyan dalam jaringan sabu 70 kilogram tersebut. Sofyan disebut sebagai pemilik sabu sekaligus pengendali jaringan narkoba.

“Yang bersangkutan ini pemilik, pemodal, sekaligus pengendali sabu 70 kilogram,” kata Mukti kepada awak media, Senin (27/5).

Mukti mengatakan, sebelumnya, pihaknya menangkap tiga orang kaki tangan Sofyan. Ketiganya ditangkap di Bakauheni, Lampung, pada 10 Maret 2024.

Tiga orang tersebut termasuk adik ipar Sofyan, pria berinisial RA alias Patron (25). Saat ini Sofyan dkk ditahan di Bareskrim Polri.

Sofyan Proses Dipecat
Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PKS, Nasir Djamil, mengungkapkan sanksi berat bagi Sofyan jika terbukti terlibat dalam jaringan narkoba. Sofyan terancam dipecat dari PKS.

“Ya saya dengar dari Dewan Pimpinan Wilayah PKS Aceh sedang memproses bukan PAW ya, tapi langsung memecat,” kata Nasir di gedung DPR RI, Jakarta, Senin (27/5).

Nasir mengatakan PKS mengambil sanksi tegas jika ada kader yang terlibat penyalahgunaan narkoba. PKS juga masih memproses pergantian caleg untuk menggantikan Sofyan.

“Tentu saja nanti proses pergantiannya akan berlangsung dan caleg nomor 2 mendapatkan suara terbanyak akan menggantikan posisi itu,” sebutnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments