Friday, June 14, 2024
HomeInternationalWorld2 Menteri Israel Ancam Mundur Jika Netanyahu Terima Proposal Joe Biden Soal...

2 Menteri Israel Ancam Mundur Jika Netanyahu Terima Proposal Joe Biden Soal Gaza

Media Indo Pos,Jakarta – Dua Menteri konservatif Israel mengancam akan mengundurkan diri dari pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Ancaman itu dilayangkan jika Netanyahu menerima proposal pembebasan sandera di Gaza yang diusulkan oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Dilansir dari AFP, Selasa (4/6/2024), Biden pada Jumat (31/5) telah mengusulkan proposal gencatan senjata penuh termasuk pembebasan sandera yang ditahan oleh militan Hamas di Jalur Gaza. Usulan itu ditolak mentah-mentah oleh dua menteri Netanyahu yaitu Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben Gvir dan Menteri Keuangan Bezalel Smotrich

Keduanya mengaku akan mundur dari pemerintahan Netanyahu jika kesepakatan itu tetap dilaksanakan. Ben Gvir mengatakan partainya akan “membubarkan pemerintah” jika kesepakatan itu tercapai dan mengecam proposal tersebut sebagai “kemenangan terorisme dan risiko keamanan bagi Negara Israel”.

“Menyetujui kesepakatan seperti itu bukanlah kemenangan total tapi kekalahan total,” katanya.

Smotrich mengatakan dia “tidak akan menjadi bagian dari pemerintahan yang akan menyetujui garis besar yang diusulkan”.

“Kami menuntut kelanjutan perang sampai Hamas hancur dan semua sandera kembali,” kata Smotrich di X, seraya menambahkan bahwa ia menentang kembalinya pengungsi Gaza ke wilayah utara dan “pembebasan teroris secara besar-besaran”.

Netanyahu pada Sabtu (1/6) telah bersikeras bahwa penghancuran Hamas adalah bagian dari rencana Israel yang ditetapkan oleh Biden.

Di satu sisi tanpa dukungan partai Ben Gvir dan Smotrich, koalisi Netanyahu terancam kehilangan mayoritas suara di parlemen. Namun, pemimpin oposisi Israel Yair Lapid berjanji menawarkan dukungan politik kepada Netanyahu jika dua menterinya itu benar mundur.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments