Tuesday, June 25, 2024
HomeBerita NasionalViral Bapak dan Anak Tinggal di Gua Jepara, Dinsos: Sudah Beberapa Kali...

Viral Bapak dan Anak Tinggal di Gua Jepara, Dinsos: Sudah Beberapa Kali Dievakuasi

Media Indo Pos,Jepara – Kisah seorang bapak bersama anaknya tinggal di Gua Ujungbatu, Kabupaten Jepara, ramai di media sosial. Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa pun turun tangan melakukan evakuasi.

Kisah bapak dan anak tinggal di gua salah satunya diunggah di grup Facebook Media Informasi Kota Jepara. Pada unggahan itu terlihat ada beberapa potongan video seorang bapak bersama anaknya yang tinggal di gua.

Dijelaskan dalam video yang diunggah sehari yang lalu itu, bapak tersebut bernama Guntur (57) warga Desa Jungsemi, Kabupaten Demak. Dijelaskan pula dalam unggahan itu bapak itu diduga tidak punya rumah, sehingga memilih tinggal di gua.

Dihubungi secara terpisah Subkoor Rehabilitasi Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Jepara, Imam Bagus Sesulih, membenarkan adanya seorang pria bersama anaknya yang berusia 8 tahun tinggal di gua Ujungbatu Kecamatan Jepara, pada Kamis (6/6) pagi. Pihaknya telah melakukan evakuasi dan asesmen terhadap pria yang diketahui bernama Guntur warga Demak.

“Warga itu bukan warga Jepara, memang posisi kemarin viral baru laporan dari kami Dinsos lalu Babinsa Linmas sama relawan kita ke sana, kita assemen,” kata Imam kepada media, Jumat (7/6/2024).

Lebih lanjut, Imam mengatakan bapak bersama anaknya itu diketahui tinggal di gua selama dua minggu belakangan. Bapak bersama anaknya itu ternyata pernah beberapa kali dibawa ke Dinsos Demak, namun pergi dan memilih hidup di jalanan hingga akhirnya tinggal di Gua Ujungbatu Jepara.

“Warga Demak, itu kan orang itu sudah 2 minggu di gua tersebut, dua minggu terus kita laporkan kepada Dinsos Demak, jika memang orang tersebut sudah sering keluar masuk, pernah ditangani dinsos Demak dibawa ke rumah pelayanan sosial di Demak terus pergi, pergi ketangkap lagi,” terang Imam.

“Karena orang itu kan pergi dari satu tempat ke tempat lain, pernah dibawa ke rumah sakit juga dan terakhir di Jepara,” jelasnya.

Dijelaskan bapak bersama anaknya itu selama hidup di gua sambil berjualan. Bersangkutan berjualan kangkung dan lukisan Saridin. Usai berjualan kembali ke gua.

“Dia jualan kangkung, sama jual lukisan Saridin mutar ke rumah penduduk sama anaknya, terus habis itu kembali ke gua,” jelasnya.

Kini bapak bersama anak tersebut sudah dievakuasi. Keduanya diserahkan kepada keluarga yang ada di Demak. “Kemudian kita laporkan ke Dinsos Demak perangkat desa, dan keluarga kebetulan bawa ke rumah singgah jam 9, kemudian jam 12 kemarin sudah dijemput sama keluarga dan perangkat desa, terus dibawa ke keluarga di Demak,” ungkap Imam.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments