Monday, June 17, 2024
HomeBerita NasionalStatus Gunung Lewotobi Laki-laki Naik ke Level Siaga

Status Gunung Lewotobi Laki-laki Naik ke Level Siaga

Media Indo Pos,Jakarta – Status Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami peningkatan dari level 2 (waspada) ke level 3 atau siaga. Tingkat aktivitas gunung api meningkat sejak hari ini pukul 09.00 WITA.

Kenaikan status dilaporkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada Senin (10/6/2024) berdasarkan hasil evaluasi periode 26 Mei-9 Juni 2024.

“Tingkat aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Provinsi NTT dinaikkan dari Level II (Waspada) ke Level III (Siaga) terhitung mulai tanggal 10 Juni 2024 Pukul 09.00 WITA,” demikian penjelasan PVMBG seperti dilihat, Senin (10/6/2024).

Berdasarkan pengamatan visual, gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut. Teramati asap kawah utama berwarna putih, kelabu dan cokelat dengan intensitas tipis, sedang hingga tebal tinggi sekitar 100-1000 meter dari puncak.

Cuaca cerah hingga hujan, angin lemah hingga sedang ke arah Utara, Timur Laut, Timur, Barat Daya, Barat dan Barat laut. Suhu udara sekitar 20-30°C. Terjadi Letusan dengan tinggi 100-1000 meter dari puncak, kolom abu letusan berwarna putih hingga kelabu.

Terjadi guguran, namun secara visual, jarak dan arah luncuran tidak teramati. Teramati sinar api pada tanggal 9 Juni pukul 18.43 WITA saat terjadi erupsi.

Aliran lava ke arah Timur Laut teramati sejauh kurang lebih 4340 meter dari kawah utama Gunung Lewotobi Laki-laki pada 9 April 2024 dan tidak teramati adanya perubahan yang signifikan sejak tanggal 29 Februari 2024.

Sementara berdasarkan pengamatan instrumental, jenis gempa yang terekam selama periode 26 Mei-9 Juni 2024, yakni 51 kali gempa letusan, 6 kali gempa guguran, 21 kali gempa hembusan, 6 kali gempa harmonik, 15 kali low frequency, 1 kali gempa hybrid, 270 kali gempa vulkanik dangkal, 146 kali gempa vulkanik dalam, 14 kali gempa tektonik lokal, 53 kali gempa tektonik Jauh.

Peningkatan aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki ditandai oleh erupsi yang hampir setiap hari yang ditunjukkan oleh tinggi kolom erupsi rata-rata 100-900 meter dari puncak gunung. Terjadi erupsi strombolian pada tanggal 9 Juni 2024 dan terlihat adanya sinar api yang memancar saat erupsi.

Guguran lava terekam pada periode sekarang namun secara visual aliran lava pada arah timur laut cenderung stabil tidak ada pergerakan yang signifikan. Pengukuran menggunakan drone pada tanggal 9 April 2024 tercatat jarak aliran berada di sekitar 4.340 meter dari pusat Kawah gunung, jika dibandingkan dengan pengukuran sebelumnya pada tanggal 29 Februari 2024 yakni sejauh 4.320 menunjukkan pergerakan guguran yang cukup lambat.

Hal ini juga dapat dilihat dari citra satelit yang menunjukkan hampir tidak ada perubahan yang signifikan pada aliran lava yang berada di ujung timur laut. Pengaruh kemiringan lereng dan suhu lava yang masih tinggi masih memungkinkan lava dapat bergerak meskipun sangat perlahan.

Gempa-gempa pada periode ini terdapat kenaikan yang signifikan pada jumlah gempa erupsi dan gempa vulkanik serta terekam adanya gempa guguran. Dari data kegempaan, terlihat adanya kenaikan gempa-gempa vulkanik yang sangat signifikan, selain dari aktivitas vulkanik juga disebabkan karena pergantian stasiun acuan yang sebelumnya menggunakan stasiun acuan adalah KLT yang letaknya berada di lereng yang lebih rendah daripada yang stasiun WLR yang sekarang digunakan sebagai stasiun acuan.

“Perbaikan pada stasiun WLR dilakukan pada tanggal 27 April 2024 dan kegempaan pada stasiun WLR mempunyai rekaman yang lebih baik dalam merekam kegempaan pada gunung api Lewotobi Laki-laki, gempa-gempa vulkanik dan gempa permukaan yang sebelumnya tidak terekam pada stasiun KLT sekarang ini dapat terekam dengan baik menggunakan stasiun WLR, sehingga terjadi kenaikan yang cukup signifikan pada gempa vulkanik Gunung Api Lewotobi Laki-laki,” terangnya.

Rekomendasi PVMBG
PVMBG merekomendasikan agar masyarakat di sekitar gunung api dan pengunjung/ wisatawan tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 3 km dari pusat erupsi serta sektoral 4 km pada arah Utara-Timur laut dan 5 km pada sektor Timur laut. Masyarakat diminta tetap tenang dan mengikuti arahan Pemda serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

Masyarakat di sekitar diminta mewaspadai potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di puncak gunung api jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Masyarakat yang terdampak hujan abu diimbau memakai masker/penutup hidung-mulut untuk menghindari bahaya abu vulkanik pada sistem pernafasan.

PVMBG meminta agar pemerintah daerah senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki di Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi di Bandung. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi akan selalu berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Satlak PB setempat dalam memberikan informasi terbaru.

“Tingkat aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki akan dievaluasi kembali secara berkala atau jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan. Tingkat aktivitas dan rekomendasi Gunung Lewotobi Laki-laki ini tetap berlaku selama surat/laporan evaluasi berikutnya belum diterbitkan,” terangnya.

Gunung Lewotobi Laki-laki Erupsi Pagi Ini
Pagi ini, PVMBG melaporkan telah terjadi erupsi yang melontarkan abu vulkanik setinggi 800 meter dari kawah Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Letutsan itu terjadi pukul 07.20 WITA.

“Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 41,4 milimeter dan durasi 303 detik,” kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki, Adzan Anugrah Indiarsyah dilansir dari Antara, Senin (10/6/2024).

Adzan mengatakan kolom abu vulkanik tampak berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya. Gunung Lewotobi yang memiliki ketinggian 1.584 meter di atas permukaan laut tersebut adalah gunung berapi kembar yang terletak di bagian tenggara Pulau Flores.

Gunung itu terdiri dari dua puncak, yaitu Gunung Lewotobi Laki-laki dan Gunung Lewotobi Perempuan.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments