Friday, July 26, 2024
HomeBerita NasionalKakorlantas: 30% Pemudik Belum Kembali ke Jakarta

Kakorlantas: 30% Pemudik Belum Kembali ke Jakarta

Media Indo Pos,Jakarta – Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengungkap ada sekitar 30% pemudik belum kembali ke Jakarta. Aan mengatakan puncak arus balik terjadi tadi malam.

“Untuk puncak arus balik tahun 2024 ini terjadi pada tadi malam sampai tadi pagi jam 6, ada di atas 162 lebih. Yang belum kembali ke Jakarta tersisa sekitar 30% lebih, baik itu di 4 gardu maupun di km (kilometer) 66 (Tol Jakarta-Cikampek) yang menjadi titik krusial,” kata Aan kepada wartawan di Gerbang Tol Cikampek Utama (GT Cikatama), Selasa (16/4/2024).

Menurut dia, angka tersebut bisa dibagi berdasarkan kebijakan kerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi aparatur sipil negara (ASN) pada hari ini dan besok.

“Artinya angka tersebut kalau kita bagi 2 pelaksanaan WFH hari ini dan besok berarti masing-masing tersisa 15%,” ucapnya.

Dengan demikian, lanjut Aan, diperkirakan tidak ada rekayasa lalu lintas lagi untuk kendaraan yang ke Jakarta. “Mudah-mudahan dengan angka yang kecil tersebut kita masih bisa melayani para pemudik yang akan balik dengan tidak melakukan rekayasa lalu lintas. Artinya dengan CB-CB (cara bertindak) yang reguler,” ujarnya.

Namun pihaknya tetap menyiapkan rekayasa lalu lintas. Hal itu guna mengantisipasi apabila terjadi peningkatan volume kendaraan, terutama di titik krusial.

“Tapi kalau ada peningkatan arus dari timur maupun selatan, kita sudah siapkan rekayasa lalu lintas yang akan kita terapkan, terutama di Tol Japek di titik krusial KM 66, kita akan laksanakan contraflow 2 atau 3 lajur tergantung kondisi lalu lintas,” ucapnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments