Monday, May 20, 2024
HomeBerita NasionalMenlu Retno Tegaskan Tolak Normalisasi Hubungan dengan Israel

Menlu Retno Tegaskan Tolak Normalisasi Hubungan dengan Israel

Media Indo Pos,Jakarta – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi tegas menolak normalisasi hubungan Indonesia dengan Israel. Retno menyatakan posisi Indonesia tidak berubah sampai saat ini.

“Itu biasa (tekanan normalisasi) di dalam dunia internasional, harapan dan tekanan. Tapi sejauh ini posisi kita tetap no,” ujar Retno di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (16/4/2024).

Dari waktu ke waktu, kata Retno, selalu ada pihak-pihak yang mengatakan sudah waktunya Indonesia melakukan normalisasi dengan Israel. Namun Indonesia tetap tak terpengaruh oleh tekanan. “Buat kita, posisi kita jelas seperti yang saya sampaikan (menolak normalisasi),” ucap Retno.

Terkait eskalasi antara Iran dan Israel, Indonesia berupaya menjadi penengah. Salah satu upayanya adalah berkomunikasi dengan negara adidaya, seperti Amerika Serikat.

“Kenapa kita bicara dengan Amerika? Jadi Amerika, selain kita bertukar message, tadi pagi kita juga ada pembicaraan telepon kita lakukan karena kita tahu bahwa Amerika Serikat punya peran yang sangat besar untuk dapat menggunakan pengaruhnya agar deeskalasi terjadi. Dan tadi saya sampaikan langsung bahwa ‘Anda punya pengaruh besar, dan tolong gunakan pengaruh tersebut’,” tuturnya.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments