Friday, July 26, 2024
HomeInternationalChinese/ MandarinBadai Terjang China, Puluhan Ribu Orang Mengungsi

Badai Terjang China, Puluhan Ribu Orang Mengungsi

Media Indo Pos,Beijing – Badai yang diwarnai hujan lebat menerjang wilayah China bagian selatan hingga memaksa puluhan ribu orang mengungsi dari rumah masing-masing. Sekitar 11 orang dilaporkan hilang akibat badai tersebut, dengan beberapa orang mengalami luka-luka dalam berbagai insiden terkait cuaca buruk.

Seperti dilansir dari AFP, Senin (22/4/2024), hujan lebat mengguyur Provinsi Guangdong dalam beberapa hari terakhir, hingga membuat sungai setempat meluap dan meningkatkan kekhawatiran akan terjadinya banjir besar, yang menurut media pemerintah, hanya “terjadi sekali dalam satu abad”.

“Sebanyak 11 orang hilang setelah hujan lebat secara terus-menerus mengguyur banyak wilayah (Guangdong) dalam beberapa hari terakhir,” demikian seperti dilaporkan kantor berita Xinhua, yang mengutip departemen manajemen darurat setempat.

Lebih dari 53.000 orang, menurut laporan Xinhua, telah dievakuasi dari berbagai area di Provinsi Guangdong. Dari jumlah tersebut, lebih dari 45.000 orang di antaranya dievakuasi dari kota Qingyuan, Guangdong bagian utara, yang terletak di tepi Sungai Bei — anak sungai di delta Sungai Mutiara.

Provinsi Guangdong merupakan kantung manufaktur China yang berpenduduk padat dan menjadi rumah bagi sekitar 127 juta orang.

Di kota Jiangwan, menurut laporan media pemerintah, enam orang mengalami luka-luka dan beberapa orang lainnya terjebak tanah longsor yang dipicu hujan lebat pada Minggu (21/4) waktu setempat.

Foto-foto yang dipublikasikan oleh televisi pemerintah CCTV menunjukkan rumah-rumah di tepi pantai hancur akibat terjangan lumpur, dan orang-orang berlindung di area lapangan olahraga yang basah kuyup.

CCTV memperingatkan bahwa banjir setinggi 5.8 meter di atas batas peringatan bisa menerjang anak Sungai Mutiara pada Senin (22/4) pagi.

Hujan lebat diperkirakan akan terus mengguyur pada Senin (22/4) waktu setempat. Otoritas meteorologi setempat memperkirakan terjadinya “badai petir dan angin kencang di perairan pesisir Guangdong” — hamparan laut yang berbatasan dengan kota-kota besar seperti Hong Kong dan Shenzhen.

Provinsi-provinsi lainnya seperti Fujian, Guizhou dan Guangxi, menurut Pusat Meteorologi Nasional, juga akan terkena dampak “hujan deras dalam jangka pendek”.

“Diperkirakan periode dampak utama konveksi kuat akan berlangsung dari siang hingga malam hari,” sebut Pusat Meteorologi Nasional. Konveksi merupakan pergerakan benda cair atau gas karena perbedaan suhu dan tekanan.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments