Monday, May 27, 2024
HomeSportFakta Menarik Maarten Paes, Pemain Naturalisasi Termutakhir

Fakta Menarik Maarten Paes, Pemain Naturalisasi Termutakhir

Media Indo Pos,Jakarta – Maarten Paes resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah disumpah di Kantor Wilayah Hukum dan HAM DKI Jakarta, Selasa (30/4). Berikut tujuh fakta menarik Maarten Paes yang berpeluang menjadi kiper Timnas Indonesia.

Paes yang lahir di Belanda sudah masuk dalam radar naturalisasi sejak akhir 2023. Namanya ‘seangkatan’ dengan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen dalam proses alih warga negara, namun proses final naturalisasi Paes tertunda sehingga lebih lambat dibanding dua nama lainnya itu.

Paes adalah kiper yang kini berkarier di klub FC Dallas dalam kompetisi Major League Soccer (MLS) atau level tertinggi liga sepak bola Amerika Serikat.

Berikut tujuh fakta menarik Maarten Paes yang merupakan pemain naturalisasi paling mutakhir dan bakal menjadi pesaing bagi sosok di bawah mistar Timnas Indonesia seperti Ernando Ari atau Nadeo Argawinata:

1. Pemain 25 tahun ini memiliki garis keturunan Indonesia dari sang nenek yang lahir di Pare, Kediri, Jawa Timur.

“Maarten Vincent Paes memiliki garis keturunan dari nenek yang lahir di Pare, Kediri, Jawa Timur pada 20 Maret 1940,” ujar Dirjen Administrasi Hukum Umum Kemenkumham RI, Cahyo Rahadian Muzhar, dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR RI, Kamis (7/3).

2. Paes adalah pemain dengan posisi kiper yang pertama dinaturalisasi dalam era satu dasawarsa terakhir. Sebelumnya pemain-pemain yang alih warga negara kemudian membela Timnas Indonesia berposisi sebagai pemain lapangan atau non-kiper seperti pemain bertahan, gelandang, atau penyerang.

Sementara untuk kiper pertama yang dinaturalisasi dalam sejarah Indonesia tercatat atas nama Arnold Van Der Vin pada tahun 1950-an.

3. Kehadiran Paes bakal menambah persaingan di posisi kiper. Sebelumnya penjaga gawang Timnas Indonesia kerap diisi Ernando Ari Sutaryadi dan Nadeo Argawinata. Selain itu beberapa kiper yang juga pernah merasakan dipanggil ke Timnas Indonesia adalah Syahrul Trisna, Muhammad Adi Satryo, Muhammad Riyandi, dan Reza Arya.

4. Bukan hanya posisi, klub asal Paes juga beda sendiri dibandingkan pemain-pemain yang dinaturalisasi dalam kurun tiga tahun terakhir. Mayoritas para pemain keturunan yang kemudian disumpah WNI dalam bermain di klub-klub Eropa, namun Paes adalah pemain naturalisasi pertama yang bermain di Amerika Serikat.

5. Kendati bermain di AS, Paes sudah memulai karier di Belanda. Klub-klub di Negeri Kincir Angin yang pernah dibela Paes adalah NEC Nijmegen dan Utrecht. Paes pernah bermain di tim muda dan tim senior dua klub tersebut.

Dengan kehadiran Paes maka tercatat tambahan kontribusi Utrecht di Timnas Indonesia. Sebelumnya terdapat Stefano Lilipaly, Ivar Jenner, Marc Klok, Shayne Pattynama, dan Irfan Bachdim yang merupakan alumni Jong Utrecht. Bahkan saat ini Jenner masih tercatat sebagai anggota tim Utrecht U-23.

6. Paes merupakan pemain yang mendapat rekomendasi naturalisasi dari Shin Tae Yong. Biasanya pemain-pemain dengan saran dari STY bakal dimainkan oleh pelatih asal Korea Selatan tersebut. PSSI juga kerap menegaskan naturalisasi saat ini hanya bisa berjalan dengan syarat mendapat arahan langsung dari STY.

7. Sama seperti beberapa pemain keturunan lainnya, macam Thom Haye, Sandy Walsh, dan Ivar Jenner, Paes juga pernah memiliki caps di timnas Belanda di level junior.

(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments