Wednesday, June 19, 2024
HomeBerita NasionalGunung Lewotobi Laki-laki 3 Kali Erupsi Pagi Ini

Gunung Lewotobi Laki-laki 3 Kali Erupsi Pagi Ini

Media Indo Pos,Jakarta – Gunung Lewotobi Laki-laki, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami tiga kali erupsi pada Sabtu (1/6) pagi. Berdasarkan pemantauan Petugas Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki Herman Yosef S Mboro, erupsi pertama terjadi pada pukul 4.52 WITA.

“Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 101 detik,” demikian laporan Herman terkait erupsi pertama.

Erupsi kedua terjadi pukul 05:09 WITA. Erupsi kali ini terekam seismograf dengan amplitudo maksimum 447,3 mm dan durasi 327 detik. Tidak lama berselang, erupsi ketiga terjadi pukul 05:24 WITA yang terekam seismograf dengan amplitudo maksimum 14,8 mm dan durasi 175 detik. Tinggi kolom letusan teramati kurang lebih 200 meter di atas puncak gunung.

“Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah barat daya,” ujar Herman.

Gunung Lewotobi Laki-laki kini berstatus Waspada atau berada pada level II. Masyarakat setempat maupun wisatawan diimbau agar tidak melakukan kegiatan apa pun dalam radius 2 kilometer (km) dari pusat erupsi.

“Masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki hendak mewaspadai potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Lewotobi Laki-Laki jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi,” ujar Herman.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments