Friday, July 26, 2024
HomeBerita NasionalUpacara Peringatan Harlah Pancasila di Ende NTT Dimulai Tanpa Megawati

Upacara Peringatan Harlah Pancasila di Ende NTT Dimulai Tanpa Megawati

Media Indo Pos,Jakarta – Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) dimulai pagi ini. Upacara ini dimulai tanpa kehadiran Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri.

Pantauan di Lapangan Pancasila, Ende Utara, NTT, upacara dimulai pukul 08.25 WITA. Pemimpin upacara mulai memasuki lapangan dan melaporkan kegiatan upacara hari ini.

Tampak berdiri menjadi Inspektur Upacara Pj Gubenur NTT Ayodhya G.L Kalake. Sebagaimana diketahui Megawati sebelumnya direncanakan menjadi Inspektur di Harlah Pancasila.

Kendati demikian hingga pukul 08.37 WITA Megawati belum hadir di lokasi. Pengibaran Sang Saka Merah Putih juga sudah dilangsungkan dalam upacara Harlah Pancasila.

Upacara dilanjutkan dengan Mengheningkan Cipta dan Pembacaan teks Pancasila. Seluruh peserta upacara mengikuti pembacaan teks dasar negara Indonesia dengan khusyuk.

Terlihat di lokasi, Sekjen PDI Perjuangan Hasti Kristiyanto, anggota DPR RI Andreas Hugo Pareira, Andi Widjajanto, Ganjar Pranowo, Mahfud MD hingga Komarudin Watubun. Upacara dilanjutkan dengan pembacaan teks Undang-Undang Dasar 1945.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menggantikan Megawati Soekarnoputri menjadi pembaca amanat di upacara Hari Lahir Pancasila.

Hasto Kristiyanto menyampaikan alasan Megawati Soekarnoputri tak bisa menghadiri upacara Hari Lahir Pancasila di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Hasto menyampaikan permohonan maaf lantaran Megawati kurang sehat.

“Kami sampaikan permohonan maaf bahwa Ibu Megawati Soekarnoputri tidak bisa hadir di sini, beliau kurang sehat, mohon doanya,” kata Hasto dalam pembacaan amanatnya di Upacara, Sabtu (1/6/2024).

Ia mengatakan Kota Ende akan selalu memberi semangat bagi seluruh bangsa Indonesia. Ia menyebut dari sinilah dasar negara direnungkan oleh bapak proklamator Ir Soekarno. “Tapi percayalah bahwa bumi Ende ini selalu memberikan semangat bagi kita, bagi Indonesia dan dunia karena di sinilah Pancasila dikontemplasikan,” ujar Hasto.

“Salam dari ibu Megawati Soekarnoputri yang selalu berdoa buat masyarakat Ende khususnya bagi anak-anak muda generasi masa depan bangsa. Terima kasih,” imbuhnya Hasto.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments