Friday, July 26, 2024
HomeBerita NasionalPresiden Jokowi Optimistis Tol Bangkinang-Koto Kampar Mudahkan Akses Masyarakat

Presiden Jokowi Optimistis Tol Bangkinang-Koto Kampar Mudahkan Akses Masyarakat

Media Indo Pos,Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah menteri beserta Pj Gubernur Riau SF Hariyanto meresmikan Tol Bangkinang-Koto Kampar. Jalan bebas hambatan sepanjang 24 kilometer tersebut kini resmi beroperasi.

Setelah melakukan peresmian, Presiden Jokowi menitipkan pesan terkait tol tersebut kepada kepala daerah yang hadir. Dirinya optimis keberadaan tol dapat membuka akses masyarakat, khususnya terkait bidang pertanian, perkebunan, hingga pariwisata.

“Saya titip kepada gubernur, bupati dan wali kota yang hadir agar jalan tol yang telah selesai ini direncanakan didesain untuk disambungkan ke kawasan produktif baik itu kawasan pertanian, perkebunan dan pariwisata. Sehingga betul-betul ada manfaatnya rakyat dan bagi pertumbuhan ekonomi daerah,” ujar Jokowi dalam keterangan tertulis, Senin (3/6/2024).

Lebih lanjut, Jokowi menuturkan Tol Bangkinang-Koto Kampar ini dibangun sejak 2019-2024 dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp 4,8 triliun. Jalan bebas hambatan ini kini telah selesai dan bisa digunakan untuk melakukan perjalanan dari Pekanbaru menuju Padang, Sumatera Barat.

“Ini adalah sirip dari Tol Trans Sumatera yang kita harapkan nanti setiap tahun akan sambung-sambung dan nanti sampai Pekanbaru, sampai ke Kota Padang,” ucap Jokowi.

Sebelumnya, peresmian dilakukan setelah Presiden tiba di Pekanbaru setelah lawatan di Sumatera Selatan pada 31 Mei 2024 lalu. Presiden tiba di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru disambut Pj Gubernur, Kapolda Irjen Mohammad Iqbal, beserta para pejabat di Riau. Usai dari bandara, rombongan langsung menuju lokasi peresmian, yakni pada ruas Tol Bangkinang-Pangkalan Seksi I.

“Hari ini jalan Tol Pekanbaru-Padang Seksi Bangkinang-Pangkalan tahap I, yaitu Bangkinang-Koto kampar telah selesai dengan panjang 24,7 KM,” ungkapnya.

Sebagai informasi, turut hadir dalam peresmian Tol Bangkinang-Koto Kampar di antaranya yakni Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, termasuk pejabat terkait pembangunan ruas tol tersebut.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments