Friday, July 26, 2024
HomeBerita NasionalLegislator Duga Basuki Jadi Plt Kepala Otorita Demi Upacara 17-an

Legislator Duga Basuki Jadi Plt Kepala Otorita Demi Upacara 17-an

Media Indo Pos,Jakarta – Bambang Susantono mengundurkan diri dari jabatan Kepala Otorita IKN Nusantara dan digantikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dengan status Plt Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia menyebut penunjukan Kepala Otorita IKN di pemerintahan mendatang harus melalui DPR.

“Kalau nanti periode berikutnya itu (penentuan Kepala Otorita IKN) melalui DPR. Nah untuk tahap pertama ini kan saya kira memang membutuhkan cepat ya, makanya kita kasih kewenangan ke presiden (menunjuk Kepala Otorita IKN),” kata Doli saat dihubungi, Rabu (5/6/2024).

Doli menilai penunjukan Basuki menjadi Plt Kepala Otorita IKN lantaran tantangan utamanya adalah menyelesaikan pembangunan IKN. Menurutnya, Basuki memiliki tugas utama untuk merampungkan proses pembangunan di IKN menjelang upacara kemerdekaan 17 Agustus.

“Jadi itu tergantung Pak Jokowi ya sebagai presiden sekarang dan menurut saya dipilihnya Pak Basuki sebagai Plt Kepala dan Raja Juli Antoni sebagai Plt Wakil kan ini sementara saja ya, dugaan saya mungkin ini untuk bisa mempersiapkan sampai tanggal 17 Agustus yang sudah dalam waktu dekat ini kan. Mungkin bisa jadi ya memang kan bicara tantangan utamanya kan soal konstruksi pembangunan, mau sampai 17 Agustus itu,” kata dia.

“Jadi kalau Plt-nya Pak Basuki, beliau Menteri PUPR yang selama ini memang kita lihat semua proses pembangunan konstruksi IKN itu dikoordinir oleh Kementerian PUPR. Nah menurut saya tepat untuk sampai masa transisi 17 Agustus setelah itu mungkin nanti kita serahkan sepenuhnya ke Pak Jokowi,” lanjut dia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi buka suara mengenai mundurnya Kepala Otorita IKN Bambang Susantono. Jokowi mengatakan Bambang mundur karena alasan pribadi.

“Ditanyakan ke Bapak Bambang dan Pak Dhony karena alasannya, alasan pribadi,” ujar Jokowi di IKN, Kalimantan Timur, Rabu (5/6).(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments