Friday, June 21, 2024
HomeInternationalWorldJerman Tetapkan Batas Konsumsi Ganja Pengemudi

Jerman Tetapkan Batas Konsumsi Ganja Pengemudi

Media Indo Pos,Jakarta – Dua bulan setelah Jerman melegalkan secara parsial penggunaan ganja untuk rekreasi, majelis rendah parlemen federal Jerman, Bundestag, kini menetapkan batas maksimum konsumsi ganja bagi para pengemudi. Pembatasan juga dilakukan terhadap asosiasi penanam ganja resmi.

Dengan mengikuti rekomendasi panel ahli yang ditugaskan oleh Kementerian Transportasi, tingkat maksimum tetrahydrocannabinol (THC) atau zat memabukkan aktif pada ganja yang dapat ditemukan di dalam darah pengemudi, ditetapkan pada batas 3,5 nanogram per mililiter.

Jumlah tersebut dianggap mewakili risiko yang setara dengan konsumsi 20 miligram alkohol per 100 mililiter darah, yang sudah legal di Jerman. Selain itu, akan ada larangan alkohol sepenuhnya bagi pengemudi yang telah mengonsumsi ganja, guna menghindari bahaya akibat pencampuran kedua zat tersebut. Sementara bagi para pengemudi baru, ganja akan dilarang secara menyeluruh.

Partai Kristen Demokrat (CDU) sebelumnya menyerukan agar larangan mutlak konsumsi ganja bagi para pengemudi dipertahankan, namun mosi mereka ditolak.

Pembatasan terhadap asosiasi produsen ganja
Selain aturan pembatasan bagi para pengemudi, anggota parlemen Jerman juga memutuskan memberikan kewenangan lebih besar kepada negara bagian federal untuk mengawasi asosiasi produsen ganja resmi (Anbauvereine). Asosiasi produsen ganja resmi ini akan diizinkan secara legal membudidayakan ganja mulai 1 Juli mendatang.

Penyesuaian aturan baru ini akan memungkinkan adanya pembatasan secara regional, dalam hal seberapa besar ukuran perkebunan ganja yang diizinkan dan juga berapa jumlah kepemilikan ganja yang dilegalkan.

Ganjal legal sebagian, aturan ketat masih berlaku
Koalisi kiri-tengah Kanselir Jerman Olaf Scholz sebelumnya telah mengesahkan undang-undang ganja baru pada Februari lalu, itu pun setelah melalui perdebatan selama bertahun-tahun.

UU baru ini memungkinkan orang dewasa di Jerman untuk memiliki, membeli, atau membudidayakan ganja secara legal, meski peraturan yang cukup ketat masih terus berlaku.

Di bawah UU yang berlaku sejak 1 April itu, orang dewasa diizinkan membawa hingga 25 gram ganja, dan ganja dapat disimpan di rumah tidak boleh lebih dari 50 gram. Selain itu, hanya tiga tanaman ganja yang dapat dibudidayakan di rumah.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments