Wednesday, June 19, 2024
HomeHukum & KriminalKeluarga Ingin Kasus Pembunuhan Noven Terungkap

Keluarga Ingin Kasus Pembunuhan Noven Terungkap

Media Indo Pos,Cianjur – Sudah lima tahun berlalu, namun kasus kematian Andriana Yubelia Noven Cahya, siswi SMK di Bogor, belum terungkap. Orang tua Noven berharap pengungkapan kasus pembunuhan Vina di Cirebon memberikan efek domino pada kasus lain yang juga belum terungkap, di antaranya kasus pembunuhan anaknya.

Yohanes Bosco Wijanarko, ayah Noven, mengatakan sejak 2019 kasus yang menimpa anaknya belum kunjung menemukan titik terang. Bahkan tak ada kabar terkait perkembangan kasus pembunuhan Noven.

“Tidak ada perkembangan. Kabar dari kepolisian pun belum ada lagi. Sampai sekarang kasusnya masih belum terungkap,” kata Yohanes.

Menurut dia, kasus Vina yang berhasil dibuka kembali dan terduga otak pelakunya sudah berhasil ditangkap kepolisian menjadi angin segar serta harapan baru bagi keluarga.

“Yang 8 tahun berlalu saja bisa terungkap, terlebih kasus yang menimpa anak kami, dimana kasusnya lima tahun lalu. Tentu kami berharap ramainya kasus Vina Cirebon bisa memberikan efek bagi pengungkapan kasus pembunuhan anak kami,” ucapnya.

Dia menyebut polisi sangat hebat dapat mengungkap kasus Vina dan dia juga yakin pihak kepolisian mampu mengungkap kasus pembunuhan Noven. “Saya rasa polisi orangnya hebat-hebat. Tentu bisa mengungkap kasus pembunuhan anak saya Noven. Apalagi dibandingkan kasus Vina, kasus pembunuhan anak saya memiliki bukti berupa CCTV,” ujar Yohanes.

“Tidak hanya pembunuhan anak saya, kami juga berharap dengan hebohnya kasus Vina Cirebon juga mendorong kepolisian mengungkap kasus-kasus lain, selain dari kasus anak saya,” pungkasnya.

Sementara itu, dikutip dari detikNews, Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota Kompol Luthfi Olot mengungkap sosok dalam rekaman CCTV di lokasi pembunuhan siswi SMK di Bogor, Andriana Yubelia Noven Cahya alias Noven, diduga masih di bawah umur. Pelaku diduga belum melakukan perekaman e-KTP sehingga sulit diidentifikasi.

“Dimungkinkan karena terduga pelaku dalam kejadian ini masih di bawah umur, belum melakukan rekam digital e-KTP sehingga menambah kendala atau hambatan di rangkaian penyelidikan yang kami lakukan,” kata Olot kepada wartawan belum lama ini.

Kendala lain yang dihadapi polisi, yakni tidak ditemukannya DNA pelaku dari barang bukti yang diamankan sehingga polisi belum menemukan petunjuk kuat, yang menghubungkan beberapa orang dicurigai dengan sosok pelaku di rekaman CCTV.

“Kemudian, hasil dari labfor terkait dengan DNA yang terdapat dibarang bukti ternyata hasil dari labfor tidak ditemukan DNA lain, yang diduga milik pelaku,” kata Olot.

“Oleh karena itu, kami masih berusaha untuk mencari kembali barang bukti atau alat bukti lain, yang nanti akan mendukung rangkaian penyelidikan kami, untuk menentukan kandidat-kandidat mana yang sudah muncul untuk kami tetapkan sebagai tersangka,” sambungnya.

Olot mengatakan masih terus berupaya mengungkap pembunuh Noven. Ia berjanji akan menyelidiki kasus tersebut hingga tuntas. “Kepada masyarakat Indonesia, termasuk juga keluarga korban, kami mohon doa restu agar upaya kami tetep dimudahkan oleh Yang Maha Kuasa dan kami berjanji akan melakukan penyelidikan sampai tuntas, karena tidak ada kejahatan yang sempurna dan kami akan buktikan bahwa kami akan bisa mengungkap peristiwa ini,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Siswi SMK Bogor, Andriana Yubelia Noven Cahya (18) tewsa dibunuh pada 8 Januari 2019 silam. Sudah 4 tahun lebih kasus itu berlalu,tetapi pelaku belum tertangkap.

Pihak kepolisian saat itu bahkan menggandeng Federal Bureau of Investigation (FBI) untuk membantu mengidentifikasi wajah pelaku penusukan Noven. Akan tetapi, bantuan alat digital forensik dari FBI belum juga membuat terang identitas pembunuh Noven.

Polisi telah memeriksa 28 saksi saat itu. Saksi-saksi yang diperiksa terdiri atas saksi internal dan eksternal, rekan sekolah hingga saksi yang ada di sekitar lokasi kejadian pembunuhan itu. Dari semua keterangan saksi, belum satu pun yang menjurus kepada pelaku.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments