Friday, April 12, 2024
HomeBerita NasionalMa'ruf Amin: Penyelenggara Pelayanan Publik Tak Bisa Bekerja Biasa-biasa Saja

Ma’ruf Amin: Penyelenggara Pelayanan Publik Tak Bisa Bekerja Biasa-biasa Saja

Media Indo Pos,Jakarta – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin berbicara mengenai pentingnya Ombudsman sebagai lembaga negara yang independen. Dia menilai Ombudsman berperan melindungi hak-hak masyarakat dalam memperoleh pelayanan publik yang lebih baik.

Hal itu disampaikan Ma’ruf dalam sambutannya dalam acara Peluncuran Laporan Tahunan Ombudsman RI tahun 2023. Ma’ruf mengatakan hal tersebut selaras dengan UUD 1945, yakni pemerintah harus hadir meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Hal ini hanya dapat terwujud jika penyelenggara pelayanan publik mampu menyediakan pelayanan yang berkualitas, bersih, cepat melayani, transparan, akuntabel, dan inklusif,” kata Ma’ruf di kantor Ombudsman RI, Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2024).

Ma’ruf menuturkan pelayanan publik yang mudah diakses merupakan cerminan negara telah hadir di tengah masyarakat. Menurutnya, hal itu menjadi salah satu indikator keberhasilan reformasi birokrasi.

Karena itu, dia meminta pemerintah terus berbenah. Tujuannya guna menghadirkan pelayanan publik yang prima dan inklusif. Lebih lanjut, Ma’ruf juga menyoroti perihal aduan masyarakat yang masuk ke Ombudsman. Dia mengatakan pelayanan publik yang berkualitas harus berorientasi pada kepuasan masyarakat pengguna layanan

“Saya mendengar, aduan masyarakat yang diterima Ombudsman perwakilan daerah jumlahnya sepuluh kali lipat lebih banyak dari aduan yang diterima Ombudsman pusat,” ungkapnya.

“Aduan masyarakat menjadi parameter mendasar keberhasilan penyelenggaraan pelayanan publik. Oleh karena itu, saya ingin tegaskan bahwa penyelenggara pelayanan publik tidak bisa lagi bekerja biasa-biasa saja,” tambahnya.

Ma’ruf menerangkan, di tengah ketatnya persaingan global saat ini, peningkatan kualitas pelayanan publik adalah faktor penting untuk menarik investasi dan menciptakan iklim berusaha yang baik.

Dia meminta Ombudsman terus bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan, baik kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah. Tujuannya, agar akses pengaduan pelayanan publik makin diperluas dan ditindaklanjuti.

“Lanjutkan sosialisasi mengenai peran dan fungsi Ombudsman kepada masyarakat luas. Tingkatkan pula literasi masyarakat atas hak-hak untuk mendapatkan pelayanan publik yang baik,” ucapnya.(Red)

Oh hi there đź‘‹
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments