Friday, July 26, 2024
HomeInternationalChinese/ MandarinWanita WNI Ditangkap Saat Hendak Jual Bayi 8 Bulan di China

Wanita WNI Ditangkap Saat Hendak Jual Bayi 8 Bulan di China

Media Indo Pos,Fuqing – Konsulat Jenderal RI Guangzhou berhasil menggagalkan dugaan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) bayi berusia 8 bulan berinisial CP ke Kota Fuqing, Provinsi Fujian, China. Bayi tersebut dibawa dari Indonesia oleh wanita WNI yang menggunakan visa turis.

“Prioritas kita adalah memastikan bahwa bayi dalam keadaan sehat dan selamat. Pada 4 April 2024, alhamdulillah bayi CP telah dipulangkan ke Indonesia,” kata Konsul Jenderal RI di Guangzhou, Ben Perkasa Drajat, dalam keterangannya, Jumat (5/4/2024).

Bayi ini dibawa oleh seorang WNI perempuan berinisial S pada awal Januari 2024 dengan visa turis. Bayi CP dibawa ke China oleh S yang dititipkan oleh WNI lain berinisial SU.

KRJI menyebutkan tujuan tersangka S ke China untuk menikah dengan warga China yang telah diatur oleh SU. Berdasarkan pengakuan S, sesampai di Fuqing, SU dan beberapa orang lain WN Tiongkok telah mengatur penjualan CP kepada pembelinya.

Kasus ini berhasil diungkap oleh KRJI bersama kepolisian setempat. Pada 4 April 2024, KJRI Guangzhou bekerja sama dengan Dit. Pelindungan Warga Negara Indonesia, Kemlu RI dan Bareskrim Polri serta Kepolisian Kota Fuqing dan Kota Fuzhou telah memulangkan seorang bayi tersebut.

KJRI Guangzhou juga telah mengumpulkan informasi indikasi tindak pidana perdagangan orang (TPPO) yang dilakukan para terduga pelaku. KJRI menyebutkan berkat kerja sama dengan Kepolisian Fuqing dan Fuzhou, telah dilakukan langkah-langkah untuk menjerat terduga pelaku.

“Saat ini oknum telah ditahan dan menjalani proses penyidikan oleh otoritas Tiongkok. Semua pihak yang terlibat baik WNI maupun WN Tiongkok akan diproses hukum yang berlaku. Polri dan Kemlu juga akan terus mengawal perkembangan kasus ini,” kata Ben.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments