Wednesday, June 19, 2024
HomeTNIPeringatan Hari Lahir Pancasila 2024: Mengokohkan Pancasila Sebagai Jiwa Pemersatu Menuju Indonesia...

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024: Mengokohkan Pancasila Sebagai Jiwa Pemersatu Menuju Indonesia Emas 2045

Media Indo Pos,Lumajang – Pemerintah Kabupaten Lumajang melaksanakan kegiatan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024. Upacara ini mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”, yang bertempat di Alun-Alun Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (1/6/2024).

Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni, SH., M.Si., selaku Inspektur Upacara membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D., menyampaikan jika tema peringatan kali ini adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2025”.

Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa, agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia,” ujar Pj Bupati.

Sementara itu, Dandim 0821/Lumajang, Letkol Czi Gunawan Indra, Y.T, S.T., M.M., saat ditemui tim pendim mengatakan, pentingnya nilai-nilai Pancasila sebagai pemersatu bangsa. Ia mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam menghadapi tantangan globalisasi dan kemajuan teknologi informasi.

“Pancasila harus menjadi Ideologi yang dirasakan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia. Kita perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas dan karakter para Pemimpin dan rakyat Indonesia,” ujar Dandim.(Red)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments