Thursday, June 20, 2024
HomeTNIPeringati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024, Kodim 0801/Pacitan Gelar Upacara Pengibaran...

Peringati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024, Kodim 0801/Pacitan Gelar Upacara Pengibaran Bendera

Media Indo Pos,Pacitan – Momen peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024 ditandai dengan pelaksanaan upacara pengibaran sang saka merah putih oleh berbagai Instansi Pemerintahan, sekolah di seluruh penjuru nusantara, tak terkecuali Kodim 0801/Pacitan.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini mengusung tema, “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, yang  berlangsung di lapangan upacara Kodim 0801/Pacitan, Jl. Letjen Suprapto No. 42 Pacitan, Sabtu (01/06/2024).

Melalui amanat tertulis yang dibacakan Irup, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Yudian Wahyudi menyampaikan, bahwa Pancasila sebagai alat pemersatu atas segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara,” katanya.

Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, ia juga mengajak seluruh komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar,” jelasnya.

Pada momen yang sama, Dandim 0801/Pacitan Letkol Arh Imam Musahirul, S.H., M.I.P., juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Han Lahir Pancasila 1 Juni.

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” bebernya usai mengikuti upacara di Pendopo Kabupaten Pacitan, Sabtu (01/06/2024).

Dandim juga berharap melalui peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur dan berwibawa di kancah dunia.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial dan politik,” ungkapnya.(Red)

Oh hi there 👋
It’s nice to meet you.

Sign up to receive awesome content in your inbox, every month.

We don’t spam! Read our privacy policy for more info.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments